Jumlah Pemilih Berkelanjutan di Halmahera Timur Berkurang

publisher: BrindoNews.com author photo

Ahmad A. Fauto.

HALTIM, BRN
- Komisi Pemilihan Umum atau KPU Halmahera Timur resmi menetapkan daftar pemilih berkelanjutan triwulan pertama tahun 2022. Rekapitulasi secara berkala setiap bulan itu tercatat sebanyak 58,077 pemilih. 

Ketua Devisi Perencanaan Data dan Informasi KPU Halmahera Timur, Ahmad A. Fauto mengatakan daftar pemilih tersebut ditetapkan dalam rapat koordinasi pemutakhiran data pemilih berkelanjutan triwulan pertama pada Rabu kemarin, 23 Maret. Hasil pleno diketahui bahwa pemilih berkelanjutan di Halmahera Timur berkurang dari jumlah DPT Pilkada 2020 lalu.

Daftar pemilih berkelanjutan itu terdiri dari 29,835 pemilih laki-laki, dan 28,242 pemilih perempuan. Jumlah Pleno pemutakhiran pemilih berkelanjutan triwulan pertama berdasarkan Berita Acara Nomor: 03/PK.01/8206/2023.

“Rapat ini kami libatkan Ketua Bawaslu Halmahera Timur yang diwakili oleh Kartini Abdulah selaku anggota, perwakilan TNI, dan lima orang kepala desa,” katanya, Kamis, 24 Maret.

Ahmad mengemukakan, pengurangan jumlah pemilih berkelanjutan itu secepatnya digenjot dengan menyediakan aplikasi Lindungi Hakmu. Lewat platform ini pemilih bisa mengecek langsung apakah sudah terdaftar atau tidak.

“Jika masyarakat belum terdaftar, maka langsung melakukan registrasi pendaftaran melalu aplikasi. Caranya yaitu memasukkan indentitas berupa NIK dan nomor kartu keluarga. Aplikasi Lindungi Hakmu bisa didownload di playstore (bagi pengguna android). Ini penting untuk memastikan nama kita yang sudah terdaftar atau belum,” jelasnya. (mal/red)

Share:
Komentar

Berita Terkini