Elang Optimis Dijagokan DPP Golkar di Pilgub Maluku Utara

publisher: BrindoNews.com author photo

Infografis Edi Langkara dan Trio Mus.

TERNATE, BRN - Tekad dan niat Edi Langkara maju dalam kontestasi Pemilihan Gubernur Maluku Utara pada 2024 makin terang.

Sayang, politisi Partai Golkar itu tidak masuk dalam radar partai alias namanya tidak masuk dalam daftar usulan penjaringan ke DPD Golkar Maluku Utara. 

Tidak masuknya nama Elang diketahui dalam rapat pimpinan daerah dan rapat kerja daerah Dewan Pimpinan Daerah (DPD) Partai Golkar Maluku Utara. Dalam rapat tersebut tak disangka DPD II Golkar Halmahera Tengah mengusulkan Muttiara dan Ketua DPRD Halmahera Tengah, Sakir Ahmad sebagai calon gubernur mendatang. 

Perahu politik yang komandai Airlangga Hartato itu menganggap Elang bukan kader potensial. Ketua DPD Golkar Maluku Utara Alien Mus, Ahmad Hidayat Mus, Aliong Mus, Bupati Halmahera Utara Frans Manery, dianggap lebih potensial dan memenangkan pertarungan ketimbang Elang.

Munculnya Trio Mus di partai dengan warna kebesaran Kuning itu membuat langkah Elang terganjal. Bupati yang akrab disapa Elang ini harus unggul baik dalam popularitas maupun elektabilitas jika benar-benar mendapat dukungan dari berlambang Pohon Beringin tersebut. 

Kendati begitu, bagi Elang adalah sesuatu yang lumrah. Bupati Halmahera Tengah ini mengaku sudah mendapat dukungan dari dewan pimpinan pusat atau DPP.

“DPP telah berikan saya kesempatan lakukan konsolidasi politik menuju pilkada. Ini merupakan hal yang positif,” kata Elang, ketika disembangi usai rapat di Sahid Bela Hotel Ternate, Sabtu 19 Maret 2022.

Elang mengatakan, meskipun namanya tidak masuk daftar usulan DPD II Golkar Halmahera Tengah, sama sekali tidak memengaruhi niatnya maju. Ihwal rekomendasi bukan ranahnya DPD, tapi DPP.

DPD tugasnya hanya menjaring kemudian mengusulkan, bukan penentuan akhir atau pengambil keputusan tertinggi. Siapa yang diberikan rekomendasi merupakan kebijakan DPP, begitu juga otoritas politik lainnya.

“Saya harus kembali melihat ini sebagai sebuah realitas. Dalam konteks ini juga, saya kira DPP itu rasional, tentu akan melihat variabel-variabel survei sebagai pengambil keputusan. Dan saya yakin 100 persen survei saya tinggi. DPP akan putuskan saya maju gubernur,” ucap Elang, yang juga Wakil Sekretaris Jenderal DPP partai Golkar itu.

Wakil Ketua DPP Partai Golkar Bidang Pemenangan Pemilu, Ahmad Doli Kurnia Tandjung mengatakan Edi Langkara bisa saja diusung Golkar sebagai kandidat calon Gubernur Maluku Utara 2024 mendatang.

“Golkar saat ini masih melihat perkembangan dari dinamika politik Maluku Utara sebelum menentukan arah politik. Kami akan beri kesempatan dulu ke Pak Elang menaikkan elektabilitasnya sebelum menentukan pilihan,” ucapnya. (red)

Share:
Komentar

Berita Terkini