Distan Siapkan Puluhan Ton Rica Tomat Selama Ramadhan

Redaksi author photo
Ilustrasi

TERNATE, BRN - Dinas Pertanian Kota Ternate mengaku telah menyiapkan puluhan ton komoditi Rica dan Tomat untuk menjaga ketersediaan stok selama bulan suci Ramadhan 1443 H.

Puluhan ton rica tomat tersebut bakal didistribusikan ke pasar Kota Ternate dan akan mencukupi kebutuhan masyarakat selama bulan Ramadhan.

Kabid tanaman pangan dan holtikultura Pertanian Kota Ternate, Sumanto Badahona kepada wartawan, Selasa 22 Maret mengatakan, untuk ketersediaan komoditi berupa tomat dan cabai keriting dipastikan sudah aman. 

“Jika terhitung dari bulan Februari lalu, petani lokal sudah memanen tomat sekitar 11 ton dan cabai kurang lebih sebanyak 8 ton, bahkan diprediksi Tomat dan rica yang tersedia saat ini masing-masing 70 ton dan 50 ton dan ini bisa mencukupi kebutuhan masyarakat selama Ramadhan,”ucapnya.

Menurut Sumanto, ada lahan sekitar 10 hektare yang terletak di enam Kecamatan di Ternate telah tersedia tanaman komoditi seperti Rica Tomat dan lainnya.

“Enam Kecamatan itu diantaranya Kecamatan Ternate Utara, Ternate Tengah, Ternate Selatan, Ternate Barat dan Kecamatan Pulau Ternate yang menjadi hasil produksi tanaman komoditi,”jelasnya.

Sumanto menuturkan, hasil produksi  panen paling terbanyak itu ada di Kecamatan Ternate Barat yakni fi Kelurahan Loto, Togafo, dan Tobololo. Selain itu ada juga di Kecamatan Pulau Ternate.

Sumanto juga berharap, mudah mudahan dengan hasil petani lokal dan ketersediaan komoditi saat ini dapat membantu dan memenuhi kebutuhan masyarakat Kota Ternate saat bulan Ramadhan.(ham/red)


Share:
Komentar

Berita Terkini