Dikbud Malut Bakal Luncurkan Aplikasi Maluku Utara Cerdas

Redaksi author photo

Kepala Dinas Pendidikan dan Kebudayaan, Imam Makhdy Hassan (ketiga dari kanan) dan Sekretaris Dinas Pendidikan dan Kebudayaan, Amirudin (kedua dari kiri) saat meninjau pilot project Aplikasi Maluku Utara di SMA N 1 dan SMK N 1 Kota Ternate.

TERNATE, BRN
- Dinas Pendidikan dan Kebudayaan (Dikbud) Provinsi Maluku Utara bakal meluncurkan aplikasi belajar gratis. Platform pembelajaran bagi guru dan peserta didik ini dinamai Maluku Utara Cerdas. 

Kepala Dikbud Provinsi Maluku Utara, Imam Makhdy Hassan mengatakan, aplikasi yang rencananya dilaunching setelah Hari Raya Idul Fitri 1443 H itu merupakan sistem pembelajaran online pertama dan merupakan inovasi serta terobosan baru. 

Maluku Utara Cerdas dilengkapi tampilan yang fleksibel dan fitur modifikasi yang sesuai kebutuhan dan keinginan sekolah. Salah satunya pembuatan e-sertifikat.

“Modifikasinya bisa diatur sesuai dengan keinginan. Kalau sudah dilaunching, aplikasi Maluku Utara Cerdas selanjutnya diserahkan ke sekolah masing-masing. Aplikasi pembelajaran yang kita gagas ini sangat berguna bagi siswa dan guru. SMA N 1 dan SMK N 1 Kota Ternate saat ini jadi pilot project sebelum kita launching dan diserahkan ke sekolah masing-masing. Kehadiran aplikasi kami berharap dapat membantu dan memotivasi sekolah untuk mengembangkan pendidikan di Maluku Utara,” kata Imam Makhdy, Kamis, 31 Maret.

Imam Makhdy mengemukakan, selain dilengkapi banyak pilihan fitur dan menu, aplikasi ini punya keunggulan lain. Salah satunya melatih sekolah agar lebih mandiri. 

“Juga melindungi data-data sekolah agar aman. Sistem kendali (kode keamanan) sepenuhnya  dikendalikan sekolah, jadi hanya mereka yang tahu. Kita hanya memonitor secara real time. (red)

Share:
Komentar

Berita Terkini