Bupati Ubaid Bakal Bentuk Tim Penanggulangan Kemiskinan

publisher: BrindoNews.com author photo
Ubaid Yakub.

HALTIM, BRN - Bupati Kabupaten Halmahera Timur, Ubaid Yakub bakal mengambil langkah cepat untuk mengentaskan kemiskinan di Halmahera Timur. Salah satunya membentuk tim khusus pengentasan warga miskin. 

Pembentukan tim penanggulangan kemiskinan itu diharapkan bisa memverifikasi dan memvalidasi data penduduk berkategori miskin.

Menurut data Badan Pusat Statistik Maluku Utara, jumlah penduduk miskin di daerah penghasil nikel itu turun menjadi 15,04 persen atau setara 14,97 ribu penduduk miskin pada tahun 2021. Update data ini turus tipis dari tahun 2020, sebesar 15,45 persen. 

Bupati Halmahera Timur, Ubaid Yakub mengharapkan adanya tim khusus tersebut bisa mempercepat mengatasi kemiskinan di daerahnya. 

Pengentasan kemiskinan, kata Ubaid, tidak hanya dibebankan kepada kepala daerah, tetapi menjadi tanggungjawab semua stekholder, baik unsur forkopimda maupun lembaga sosial masyarakat lainnya.

Ubaid menjelaskan, indikator kemiskinan sangat komplementer. Artinya, semua elemen-elemen masyarakat harus menjadi parameter untuk berperan aktif. Atau seluruh stekholder mengentaskan kemiskinan di Halmahera Timur bergerak secara simultan.

“Kalau yang bergerak hanya satu dua orang tidak mungkin selesai. Maka dibutuhkan peran dan tanggungjawab seluruh unsur forkopimda dan LSM-LSM,” jelasnya, Selasa, 1 Maret 2022.

Ubaid mengatakan, tim yang nantinya bertugas mengintalisir penduduk miskin itu melibatkan semua SKPD dan elemen masyarakat.

“Akan kami siap dengan membentuk tim penangulangan kemiskinan dengan melibatkan semua SKPD dan stekholder. Ini supaya semua bergerak secara simultan. Kalau hanya satu bagian yang dilihat, maka yang lain akan tidak. Kalau hanya satu dua indikator yang ditangani maka akan belum tuntas, jadi langka strateginya harus ada tim penangulangan, sehingga masing-masing berjalan dengan tupoksinya,” katanya. 

 

 

(mal/red)

Share:
Komentar

Berita Terkini