Buka Musrenbang, Pemkot Ternate Fokus Peningkatan Infrastruktur

Redaksi author photo
Wali Kota Ternate, M Tauhid Soleman

TERNATE, BRN - Wali Kota Ternate, M. Tauhid Soleman, secara resmi membuka Musyawarah Rencana Pembangunan atau Musrenbang Kota Ternate tahun 2023 dengan tajuk” Peningkatan Infastruktur dan Percepatan Pemulihan Ekonomi Melalui Daya Saing Industri Kreatif dan Mendorong Tumbunya UMKM maupun IKM yang digelar di Roya Resto, Rabu 23 Maret.

Dalam sambutnnya, Wali Kota Ternate menyampaikan, Penyusunan Rencana Kerja Pemerintah Daerah (RKPD) Kota Ternate tahun 2023 merupakan langkah strategis dan rangkaian terencana dari upaya membangun ekonomi daerah yang kuat, berbasis industri kreatif dan peningkatan produktivitas sektor unggulan.

Menurut Tauhid, dengan arah kebijakan pembangunan dan pentahapan dalam RPMJD Kota Ternate 2021-2026, Pemkot fokus pada tiga program prioritas pembangunan tahun 2023, yakni peningkatan infrastruktur dasar pengembangan iklim usaha yang Kondusif, Peningkatan Daya Saing Industri Kreatif UMKM dan IKM, dan Mendorong Kemudahan Akses Pasar Bagi Masyarakat.

“Selain fokus pada tiga program prioritas, ada juga yang menjadi perhatian Pemkot di tahun 2023 yaitu penanganan 11 program program prioritas RPJMD Kota Ternate Tahun 2021-2026,”ucap Tauhid.

Tauhid menjelaskan, RPJMD Kota Ternate Tahun 2021-2026, merupakan dokumen perencanaan Pemerintah Kota Ternate, yang merupakan arah pedoman sekaligus Kompas untuk memandu perangkat daerah dalam merumuskan kebijakan 5 tahun kedepan.

“Kebijakan yang telah dirumuskan merupakan saripati dari sejumlah aspirasi dan isu-isu aktual yang Saya dan pak wakil walikota, Pak Jasri Usman dapatkan saat masa kampanye politik beberapa waktu yang lalu,”jelasnya.

Lanjut Tauhidi, adapun beberapa program strategis sudah diakomodir dan siap untuk dilaksanakan pada beberapa perangkat daerah yaitu, Penanganan Sampah Perkotaan Berbasis Partisipatif Masyarakat, Pemulihan Ekonomi melalui pemberdayaan warung MAMA, Om Ojek andalan, penanganan air bersih perkotaan serta dukungan pemerataan pembangunan melalui peduli Batang Dua, Hiri dan Moti.

Tauhid yang juga ketua DPD Partai NasDem ini berharap, semua perangkat daerah, Camat, Para Delegasi dan para pemangku kepentingan agar bersama saling berkoordinasi dan berkomitmen, untuk melihat urgensi kebutuhan dalam merumuskan usulan program kegiatan setiap tahun melalui pelaksanaan Forum dan Musrenbang ini, dengan memperhitungkan ketercapaian target indikator dan capaian pada program RPJMD yang telah terintegrasi.

“dalam proses penyusunan RKPD Tahun 2023, Saya minta kepada semua pimpinan perangkat daerah, agar lebih fokus dalam pembahasan untuk menghasilkan program kegiatan yang lebih terarah, terukur, dan akuntabel, serta menjawab isu-isu yang strategis dan permasalahan serta tantangan yang dihadapi,”tandasnya.(ham/red)


Share:
Komentar

Berita Terkini