Buka FKNT, Menteri KKP RI Ajak Nelayan Terapkan Perilaku Ekologis Bahari

Redaksi author photo

Wali Kota Tidore Kepulauan, Capt. Ali Ibrahim saat menjemput kedatangan Menteri KKP RI, Sakti Wahyu Trenggono di Pelabuhan Tri Kora Tidore.

TIDORE, BRN - Penyelenggaraan Festival Kampung Nelayan Tomalou atau FKNT 2022 resmi digelar, Senin siang, 7 Maret 2022. Acara yang dibuka langsung oleh Menteri Kelautan dan Perikanan RI, Sakti Wahyu Trenggono itu ditandai dengan pemukulan tifa.


Sakti Wahyu Trenggono dalam sambutannya mengajak kepada masyarakat Maluku Utara, terutama nelayan tetap menjadikan laut sebagai teras depan rumah. Pandangan atau anggapan ini diharapkan meningkatkan kesadaran untuk tidak merusak dan mencemari laut.

Untuk mencapai tujuan tersebut, Sakti meminta masyarakat menerapkan perilaku ekologis bahari.

“Indonesia adalah negara kelautan, tentu sudah selayaknya menjadikan laut sebagai halaman depan rumah kita, bukan menjadi halaman belakang rumah,” kata Sakti saat memberi sambutan sekaligus membuka FKNT.

 

Festival Kampung Nelayan Tomalou, menurut Sakti, selain bercorak kearifan lokal dan ciri khas nelayan, juga sebagai ajang mengampanyekan gerakan Sadar Laut.

 

“Saya minta kepada semua pimpinan daerah agar sadar akan pentingnya melakukan gerakan sosialiasi. Kita harus menjaga laut agar laut tetap biru,” ucapnya. (red)

Share:
Komentar

Berita Terkini