Angka Kekerasan Perempuan dan Anak di Halmahera Timur Meningkat

publisher: BrindoNews.com author photo

Ilustrasi kekerasan terhadap anak.

HALTIM, BRN
- Dinas KBP3A Halmahera Timur mencatat angka kekerasan terhadap perempuan dan anak di Halmahera Timur bertambah Tiga kasus. Update data ini menunjukan tren kasus meningkat dibanding tahun 2021. 

Jumlah tersebut tercatat 18 kasus terjadi sepanjang Januari hingga Desember 2021, sedangkan sisanya terjadi awal 2022, terhitung Januari sampai Maret. Kekerasan seksual terhadap anak sebanyak 19 kasus, dan KDRT dan penelantaran perempuan dua kasus.

Kepala Bidang PPA Dinas KBP3A Halmahera Timur, Anis Satulwahidah mengatakan, peningkatna  kasus secara akumulasi tergolong tinggi. KDRT sering terjadi di lingkungan domestik atau rumah tangga, lingkungan sekolah dan di lingkungan sekitar.

“Berharap kasus kekerasan perempuan dan anak bisa diatasi. Terutama andil orang tua dalam mendidik. Pola pergaulan perlu dibatasi sehingga tidak berimbas lagi,” katanya, Rabu 23 Maret.

Anis memprediksi trend kasus kekerasan terhadap perempuan dan anak di Halmahera Timur dimungkinkan bertambah.

“Bisa berkurang bisa juga lebih bertambah sepanjang 2022. Boleh diatasi apabila semua stekholder turun tangan memerangi. Kami juga baru dapat laporan kalau di Desa Majiko Tongone terjadi kasus kekerasan anak, tetapi belum terdaftar di dinas. Kami butuh peran semua pihak, terutama orang tua melindungi si buah hati. Orang tua diharapkan terus mengawasi pergaulan anak dilingkungan masing-masing sehingga kasus kekerasan bisa berkurang,” pintanya.

Dinas KBP3A, kata Anis, terus membuat langkah preventif penurunan angka kekerasan perempuan dan anak. Sosialisasi kepada masyarakat dengan memberikan pemahaman , edukasi dan kesadaran anak dan orang tua, terutama melindungi anak.

“Kami intens laksanakan sosialisasi kepada masyarakat. Besok kami laksanakan lagi sosialisasi di wilayah Kecamatan Wasile. Kami juga selalu aktif melakukan pendampingan kasus-kasus yang ada,” terangnya. (mal/red)

Share:
Komentar

Berita Terkini