95 Persen, Persiapan Festival Kampung Nelayan Tomalou Makin Mantap

publisher: BrindoNews.com author photo

Para penari kolosal saat gladi bersih di depan panggung utama FKNT 2022.

TIDORE, BRN
- Persiapan Pelaksanaan Festival Kampung Nelayan Tomalou (FKNT) 2022, makin mantap. Festival bertajuk ‘Menjaring Kekuatan di Atas  Sampan’ ini bakal dibuka langsung oleh Menteri Kelautan dan Perikanan RI, Sakti Wahyu Trenggono. 

Sekertaris Dinas Kelautan dan Perikanan Provinsi Maluku Utara, Ridwan Arsan mengatakan, pemantapan kesiapan H-2 pelaksanaan FKNT 2022 mencapai 95 persen.

Open cerimony, kata Ridwan, dijadwalkan pada Senin 7 Maret 2022. Seluruh rangkaian kegiatan, maupun tarian kolosal sudah diserahkan ke masing-masing penanggungjawab.

“Alhamdulillah, sampai saat ini tidak ada kendalanya. Capaian 95 persen persiapan tak lepas dari semangat maupun antusias masyarakat Tomalou yang sukseskan FKNT. Tinggal tunggu acara pembukaan saja,” kata Ridwan disela-sela saat ia memantau kesiapan panita FKNT di Tidore, Sabtu sore, 5 Maret 2022.

Antusias para penari kolosal saat gladi bersih.

FKNT sedianya dilaksanakan pada 2021. Pelaksaannya ditunda lantara pandemi Covid-19 belum meredah. Ridwan menyebutkan, FKNT tahun dilaksanakan dengan sederhana, dan tetap menerapkan protokol kesehatan.

“Antusias masyarakat Tomalou untuk ambil bagian menyukseskan FKNT perlu diapresiasi,” ujarnya.

Otan, salah satu pemuda Tomalou,  mengatakan antusias masyarakat menyukseskan FKNT lahir dari kesadaran masyarakat. Semangat menggambarkan bagiamana masyarakat Tomalou bersiap menyambut Festival Tomalou Kampung Nelayan Maju.

“Ini festival kedua kalinya, pertama itu pada tahun 2019-2020 waktu alm. Buyung Rajilun masih kepala dinas. Yang kedua ini sebenarnya pelaksanaannya pada 2021, namun karena covid jadi tidak terselenggara. Nanti 2022 baru digelar,” ucapnya.

Pengamatan brindonews.com di lokasi acara, FKNT yang berlokasi tepat di Masjid Nurul Bahar Tomalou itu siap dihelat. Para penari kolosal pun mulai gladi bersih.

Panitia juga mendesain sejumlah rangkaian kegiatan bertemakan nelayan, sebagai ciri khas Kelurahan Tomalou. Diantaranya, parade kapal nelayan, foladomo, ritual nelayan, serta seminar nelayan kampung maju.

Ada juda seminar kampung sejarah, mancing mania FKNT, dayung bahari, pekan kuliner serba ikan, tllk show, lomba mewarnai anak nelayan, fun camping serta pentas bahari. Juga ada dzikir, tawaf gam , bazar bahari maupun bersih-bersih pantai. (jr/red)

Share:
Komentar

Berita Terkini