Praperadilan Ditolak, Penetapan Tersangka Kasus GOR Maba Sah

publisher: BrindoNews.com author photo

Kantor Kejari Halmahera Timur.

HALTIM, BRN
- Hakim Pengadilan Negeri Soasio, Tidore Kepulauan menolak gugatan praperadilan yang diajukan pihak keluarga tersangka Ailen Goeslaw. 

Ailen Goeslaw sebelumnya ditetapkan sebagai tersangka dugaan korupsi dalam pekerjaan proyek tribun olahraga Kota Maba. Merasa janggal, pihak keluarga lalu mempraperadilkan Kejaksaan Negeri (Kejari) Timur di Pengadilan Negeri Soasio Tidore.

Kepala Kejari Halmahera Timur Adrianus Notanubun menyatakan, gugatan yang diajukan pemohon keluarga tersangka ditolak oleh hakim Pengadilan Negeri Soasio Tidore Kepulauan. Penolakan itu dibacakan dalam sidang dengan agenda putusan pada Selasa 22 Februari 2022.

Proses persidangan, lanjut Adrianus, dimulai pada Senin 14 Februari 2022, diawali dengan pembacaan permohonan dari pihak tersangka sebagai pemohon. Pembacaan permohonan diwakili oleh pengacara hukum.

Kemudian dilanjutkan pada Selasa 15 Februari, dengan mendengarkan jawaban dari termohon, yaitu  Kejaksaan Negeri Halmahera Timur. Lalu Rabu 16 Februari dilanjutkan replik atau jawaban pemohon atau gugatannya.

“Kamis 17 Februari dublik dari pemohon dan pembuktian oleh pemohon tersangka kepala Dispora Ailen Goeslaw. Jumat 18 Februari pembuktian dari termohon. Senin 21 Februari kesimpulan, dan Selasa 22 Februari putusan Pengadilan Negeri Soasio, atas permohonan praperadilan tersangka AG,” jelasnya.

Adrianus menambahkan, adanya putusan menolak permohonan pemohon ini artinya penetapan tersangka oleh penyidik Kejaksaan Negeri Halmahera Timur sah menurut hukum. Dengan begitu, penanganan perkara kasus korupsi pekerjaan tribun Kota Maba dilanjutkan.

“Tersangka kepala Dispora Ailen Goeslaw bermohon kalau bisa penetapan tersangka atas dirinya itu bisa dibatalkan. Tapi dalil-dalil yang disampaikan itu tidak kuat dan tidak mendasar, sehingga proses persidangan tersebut dimenangkan oleh Kejaksaan Negeri Halmahera Timur,” ucapnya.

“Intinya, penanganan perkara GOR Halmahera Timur tetap dilanjutkan,” tambahnya. (mal/red)

Share:
Komentar

Berita Terkini