Penggunaan Anggaran Pemilu 2024 Menunggu Instruksi KPU RI

publisher: BrindoNews.com author photo

Ketua KPU Morotai, Irwan Abbas.

MOROTAI, BRN
- Komisi Pemilihan Umum (KPU) Kabupaten Pulau Morotai mendapat suntikan dana sebesar Rp3,2 milliar dari KPU RI. Pembiayaan ini tidak termasuk anggaran program Rumah Literasi Demokrasi (RLD) yang bersumber Pemerintah Morotai. 

Ketua KPU Pulau Morotai Irwan Abbas mengatakan, dana dari KPU RI tersebut diperuntukkan untuk pembiayaan Pemilu 2024 mendatang. Hanya saja penggunaannya masih menunggu arahan.

“Anggarannya sudah ada, tinggal menunggu instruksi selanjutnya. Sedangkan anggaran RLD itu Rp10 juta per desa. Di Morotai sendiri terdiri 88 desa dan 6 kecamatan,” kata Irwan, saat disembangi di ruang kerjanya, Kamis 10 Februari sore kemarin.

Irwan mengemukakan, kerjasama KPU dan pemerintah daerah dalam RLD itu bertujuan mengedukasi kepada masyarakAT ihkwal literasi politik, termasuk mensosialisasikan cara memilih pemimpin (kepala dearah) yang baik, dan meningkatkan parsitipasi pemilih. Pengelolaan dana RLD mengacu pada kesepakan bersama.

“Soal pemutakhiran DPT nanti di 2023. Untuk DPT Morotai di tahun 2022 itu sebanyak 48.454 jiwa. Pemutakhiran data dilakukan setiap 3 bulan sekali, karena ada yang pindah keluar, dan ada yang meninggal,” ujarnya. (abu/red)

Share:
Komentar

Berita Terkini