Narapidana Kasus Narkoba di Ternate Meningkat Setiap Tahun

Redaksi author photo

Tim Resmob Polsek Ternate Utara mengamankan 101 sachet ganja hasil penangkapan terhadap empat orang tersangka pada 2020 lalu. (dok. brindonews.com)

TERNATE, BRN
- Narapidana dengan perkara narkoba di Ternate meningkat setaip tahunnya. Lapas Kelas II A Ternate mencatat, persentasinya 50 persen lebih dari keseluruhan warga binaan. 

Kepala Lapas Kelas II ATernate, Maman Hermawan mengatakan total warga binaan jumlahnya 328 orang. Jumlah ini didalamnya termasuk 186 lainnta merupakan perkara narkotika.

Secara hitungan, terjadi peningkatan signifikan walaupun tidak sebesar dengan daerah atapun kota lain. Namun, tren peningngkatan ini meningkat dari tahun ke tahun.

“Artinya, (peredaran) narkotika bukan hanya di kota-kota besar di luar Maluku Utara, kita di Maluku Utara sendiri pun sudah begitu membahayakan untuk generasi kita,” kata Maman, Jumat, 4 Februari 2022.

Maman berharap pemberantasan peredaran norkoba di Maluku Utara perlu adanya kolaborasi bersama. Masyarakat dan penegak hukum bahu membahu dan saling mengedukasi satu sama lain dengan harapan memberantas narkotika di Ternate.

“Kalau sudah tereduksi, tentunya peredaran narkoba pun bisa dimemalisir. Ouput lainya yaitu warga binaan (khususnya kasus narkotika) bisa berkurang. Rata-rata masa tahanan mulai dari belasan sampai bahkan 20 tahun (ada yang terlibat tiga perkara sekaligus,” ucapnya. (jr/red)

Share:
Komentar

Berita Terkini