Monopoli Semua Kegiatan, Kadispora Malut Diduga “hawa” Proyek

publisher: BrindoNews.com author photo

Ansar Daaly.

TERNATE, BRN
- Kepala Dinas Pemuda dan Olahraga (Dispora) Provinsi Maluku Utara, Ansar Daaly diduga memonopoli seluruh item kegiatan yang melekat di OPD ia pimpin. 

Monopoli (orang Maluku Utara biasa menyebutnya ‘hawa’) ini terungkap setelah beberapa bidang-bidang terkait di Dispora Maluku Utara diketahui tidak pernah dilibatkan. Ansar Daaly juga diduga tidak transparan dalam pengelolaan keuangan dinas.

Seperti kegiatan refocusing anggaran tahun 2020 senilai milaran rupiah. Ada juga anggaran paskibraka, dan pengadaan marching band pada pelaksanaan STQ ke 26, Oktober 2021 kemarin. Semuanya diambil alih oleh Ansar Daaly tanpa melibatkan bidang-bidang terkait lainnya.

Sekretaris Dinas Pemuda dan Olahraga Provinsi Maluku Utara, M. Sofyan A. Mutalib ketikan dikonfirmasi membenarkan dugaan dimaksud. Sofyan mengatakan, semua kegiatan dispora dikuasai sepenuhnya oleh Ansar Daaly selaku kepala dinas.

Bahkan, kata Sofyan, dirinya tidak dilibatkan dalam pembahasan maupun pengelolaan anggaran kegiatan. Padahal, secara administrasi, dia paling bertanggungjawab.

“Tapi saya tidak dilibatkan. Pengelolaan anggaran pembangunan pusat pembinaan latihan pelajar (PPLP) tahun 2021 juga saya tidak ada. Anggaran honor pun sama sekali tidak diketahui DPRD,” kata Sofyan, Jumat, 25 Februari 2022.

Kalau pengadaan marching band, lanjut Sofyan, Ansar Daaly menjabat sebagai Ketua Bidang Pengarahan. Salah satu tugasnya adalah menyediakan orkes sebagai sarana penunjang STQ.

“Namun belanjanya tidak ada (tidak dilakukan pengadaan). Hanya band  lama milik dispora, lalu di cat  ulang biar kelihatan baru. Dan masih banyak hal lagi. Pengadaan marching band nilainya sebesar Rp1,9 miliar,” katanya.

Sofyan menambahkan, jabatan sekretaris dinas yang ia jabat pun dikuasasi Ansar Daaly. Rapat-rapat yang menjadi tugas dan fungsi sekretaris semuanya diambil.

“Bahkan, rapat koordinasi perihal pengadaan barang dan jasa yang itu tugas saya pun saya sendiri tidak tahu, karena tidak dilibatkan,” ujarnya. (jr/red)

Share:
Komentar

Berita Terkini