Buka Musrembang, Bupati Ubaid Ajak Masyarakat Wujudkan Program Pemerintah

publisher: BrindoNews.com author photo

Ubaid Yakub.

HALTIM, BRN
- Bupati Ubaid Yakub resmi membuka pelaksanaan musyawarah rencana pembangunan atau musrembang di Kecamatan Maba Utara, Halmahera Timur. Kegiatan pembahasan program-program itu digelar di Desa Dorosagu, 15 Februari 2022, Selasa kemarin. 

Berharap musrembang ini bisa melahirkan usulan program kegiatan berdasarkan rincian kegiatan yang disampaikan oleh desa berdasarkan kebutuhan prioritas. Kualitas usulan musrenbang desa didasari oleh keakuratan data serta manfaat dari usulan masyarakat,” kata Ubaid saat mengawali sambutannya.

Ubaid mengatakan musrembang RKPD 2023 tingkat desa, kecamatan maupun kabupaten punya makna penting. Selain bertujuan menentukan program skala prioritas, juga merupakan penjabaran atau kelanjutan penyusunan Rencana pembangunan Pemerintah Daerah (RKPD) Kabupaten Halmahera Timur 2023 mendatang.

“Musrembang dilaksanakan guna menyusun RKPD. Usulan dan aspirasi masyarakat jadi penentu program skala prioritas,” katanya.

Orang nomor satu di kabupaten bermotto Limabot Fayfiye ini mengajak seluruh komponen masyarakat untuk bersama-sama mewujudkan program skala priotas Pemerintah Halmahera Timur.

Partisipasi semua pihak dalam musrembang sangat diperlukan. Sehingga proses perencanaan maupun pelaksanaan dapat terjaga dengan baik. 

Untuk itu, sambung Ubaid, pembangunan haruslah menjadi milik bersama. Rasa memiliki tentu berdampak pada keberhasilan maupun keberlanjutan pembangunan.

“Persoalan pokok yang dihadapi dalam perencanaan pembangunan adalah terletak pada proses menentukan pilihan program kegiatan yang prioritas untuk didahulukan pelaksanaan pembangun,” ujarnya.

Pemerintah daerah, lanjut Ubaid, masih banyak keterbatasan, termasuk sumberdaya dan pendanaan. Namun kendala tersebut baginya bukan ukuran dalam mengeksekusi pembangunan.

“Tidak dilihat besar kecilnya anggaran. Lebih penting adalah seberapa besar dampak dan nilai manfaat terhadap hasil pembangunan dari program kegiatan. Ini bertujuan untuk peningkatan kesejahteraan masyarakat. Olehnya itu, program disusun berdasarkan kebutuhan masyarakat,” cetusnya.

Pengamatan brindonews.com di tempat kegiatan, selain Bupati Ubaid Yakub, turut hadir Sekretaris Daerah, Ricky CH. Ricfat, dan Kepala Dinas PUPR Revolino Merbas. (mal/red)

Share:
Komentar

Berita Terkini