BPKAD Malut Bakal Hitung Kembali DBH Sumber Daya Alam

publisher: BrindoNews.com author photo

 

Kepala Badan Pengelolaan Keuangan dan Asset Daerah (BKPAD) Provinsi Maluku Utara Ahmad Purbaya

SOFIFI,BRN - Pemerintah Provinsi Maluku Utara (Pemprov Malut), terus berupaya meningkatan Pendapatan Asli Daerah (PAD) , terutama di sektor pertambangan.

Kepala Badan Pengelola Keuangan dan Aset Daerah (BPKAD) Malut, Ahmad Purbaya mengatakan, upaya yang dilakukan ini akan disampikan melalui pertemuan dengan OPD terkait yakni Badan Pendapatan Daerah dan DPM PTSP, Inspektorat dan Dinas ESDM bersama perusahaan pertambangan  yang beraktifitas di Provinsi Maluku Utara.

“ Kita akan undang mereka semua untuk sama-sama menghitung kembali DBH (Dana Bagi Hasil) yang kita harus dapat dari perusahan tambang katanya kepada wartawan, Kamis (3/2/2022).

Menurutnya, harusnya terjadi kenaikan DBH yang diterima pemprov  seiring dengan naiknya produksi tambang oleh perusahaan.akan tetapi faktanya tidak terjadi peningkatan, sehingga kita harus penggil mereka untuk mengitung kembali.

Selain itu juga dalam pertemuan tersebut akan melihat kembali data produksi tambang sehingga dapat disandingkan datanya, dalam menghitung ulang DBH yang harus diterima oleh daerah.

Mantan Kepala Inspektorat Malut ini mengungkapkan, per Desember 2021 penerimaan DBH Pemprov Malut mencapai Rp.130 miliar lebih.

“ yang menjadi target DBH harusn mencapai 200 miliar, jika lebih ya Alhamdulillah.” imbuhnya. (brn/red)


Share:
Komentar

Berita Terkini