Bawaslu Malut Bakal Undang Pemda Bahas Dana Pilkada 2024

publisher: BrindoNews.com author photo
Ketua Bawaslu Malut : Muksin Amrin

TERNATE, BRN - Badan Pengawas Pemilu atau Bawaslu Provinsi Maluku Utara rencananya akan mengundang seluruh kepala daerah di Malut untuk membahas anggaran pemilihan umum (Pemilu) serentak di tahun 2024.

“Karena Pilkada dibiayai dengan APBD maka kami akan mulai membicarakannya dengan pemda di 10 Kabupaten Kota. Walaupun waktunya masih agak longgar, tetapi sudah harus ada shering anggaran agar bajetnya tidak dobel. Sebab jika tidak, maka bajet anggaranya akan dobel dan tentu menjadi temuan BPK,”ucap Ketua Bawaslu Provinsi Maluku Utara, Muksin Amrin ketika dikonfirmasi pada tanggal 9 Februari 2022.

Menurut Muksin, terkait dengan Pilkada serentak, bisa jadi beban APBDnya kecil, untuk itu kami akan mengundang mereka untuk membahas anggaran pada pelaksanaan pemilihan nanti. 

Muksin juga menjelaskan jika bawaslu dan pemerintah daerah sudah menyepakati anggaran Pilkada, maka  tinggal Pemda lapor ke DPRD selanjutnya DPRD membuat persetujuan melalui APBD 2023-2024 yang disesuaikan dengan mekanisme Permendagri.

“Tahun ini kesepakatan sudah harus final  berapa anggaran yang kita ploting sehingga menjelang tahun 2023 penandatangan APBD itu tidak terlambat, saya juga suda instruksi ke jajaran Bawaslu di 10 kabupaten Kota untuk melakukan koordinasi. Kami juga membuat pembahasan di tingkat provinsi agar di akhir 2022 semuanya sudah tuntas,”tandasnya.(ham/red)


Share:
Komentar

Berita Terkini