150 Nelayan di Dua Kecamatan Halmahera Timur Dapat Asuransi

Redaksi author photo

Mahuba Tuheteru.

HALTIM, BRN
- Nelayan-nelayan di Halmahera Timur bakal mendapat asuransi jasindo. Kabar gembira ini setelah usulan jaminan kerja oleh Pemerintah Kabupaten Halmahera Timur ini disetujui Kementerian Kelautan dan Perikanan (KKP) RI ini.

Kepala Bidang Perikanan Tangkap Dinas Kelautan dan Perikanan Halmahera Timur, Mahuba Tuheteru menyebutkan, usulan asuransi nelayan ini telah mendapatkan persetujuan KKP RI. Pemberian asuransi nantinya diberikan sesuai nama-nama dalam usulan.

Mahuba mengatakan, nelayan-nelayan di Halmehara Timur tidak hanya mendapatkan bantuan armada tangkap, jaminan berupa keselamatan kerja selama bekerja (melaut) pun penting diperhatikan. Salah satunya jaminan mendapatkan pelayanan kesehatan gratis dari pemerintah apabila mengalami kecelakaan saat melaut.

“Semua nelayan di Halmahera Timur dapat (bantuan dan asuransi jasindo). Namun berdasarkan hasil data dilapangan, nelayan di Kecamatan Maba Utara dan Maba Selatan yang diprioritaskan karena paling beresiko, sehingga kami mengutamakan. Untuk nelayan di kecamatan lain nanti diusulkan sesuai tahapan, dan kami tetap memperhatikan hak-hak nelayan,” jelas Mahuba, ketika disembangi Media Brindo Grup (MBG), Selasa, 8 Februari 2022.

Mahuba menambahkan, upaya pemerintah mengusulkan asuransi nelayan ke KKP RI itu untuk mendapatkan pelayanan yang maksimal kepada nelayan.

“Tahun sebelumnya (2019) nelayan pernah dapat, namun di 2020 lalu kemungkinan karena pengaruh covid sehingga KKP belum berikan jatah asuransi nelayan. Nelayan yang sudah dapat asuransi sebelumnya, tidak bisa lagi dapat di tahun 2022. Acuan regulasi memang begitu, tidak bisa dapat bantuan yang sama,” cetusnya. (mal/red)

Share:
Komentar

Berita Terkini