Tanggapi Arifin Djafar, Golkar Diminta “move on” Karena Tidak Miskin Kader

publisher: BrindoNews.com author photo

Moeis Djamin.

TERNATE, BRN
- Kesatuan Organisasi Serba Guna Gotong Royong atau Kosgoro, menanggapi pernyataan Arifin Djafar yang menyebutkan Golkar menjagokan AHM di Pilgub Maluku Utara pada 2024 mendatang. Organisasi pendiri partai berlambang pohon beringin itu menilai pernyataan tersebut disampaikan secara pribadi, bukan kelembagaan Partai Golkar. 

Sekretaris Kosgoro 1957 Maluku Utara, Moeis Djamin mengatakan, apa yang disampaikan Arifin Djafar terkesan menunjukan bahwa Golkar miskin kader. Termasuk memposisikan Partai Golkar Maluku Utara sebagai partai dinasti.

“Partai Golkar (kembali) mencalonkan Ahmad Hidayat Mus (AHM) karena merupakan kakak dari Ketua DPD Alien Mis. Sementara Golkar adalah partai politik yang demokratis membuka ruang serta kesempatan yang sama pada seluruh kader yang memiliki potensi. Karena salah satu ciri partai demokratis adalah kompetisinya,” kata Moeis, Jumat, 7 Januari.

Moeis berpendapat, pernyataan oleh Sekretaris DPD Partai Golkar itu mencirikan kalau Golkar Maluku Utara gagal move on dari proses panjang politik yang selalu kalah dalam kontestasi pilgub Maluku Utara.

Sebaiknya Partai Golkar Maluku fokus konsolidasi menyongsong momentum 2024. Ini penting dilakukan mengingat konsolidasi kelembagaan belum menunjukan kemajuan signifikan.

“Konsolidasi parleman juga penting. Karena anggota DPRD provinsi maupun kabupaten kota terlihat mandul dan tumpul dalam mengkritisi kebijakan pemerintah. Publik Maluku Utara akan memberikan penilaian positif jika para wakil dari Partai Golkar mampuh memperjuangkan aspirasi, bukan memberikan janji ketika menjadi anggota DPRD,” ujarnya.

Dalam perekrutan bakal calon, lanjut Moeis, Golkar punya norma yang mengatur tentang tata cara rekrutmen calon kepala daerah. Sudah pasti, kesempatan yang sama kepada para kader, bahkan terbuka juga bagi mereka yang di luar atau bukan partai Golkar.

“(jadi) jangan cenderung membangun opini-opini subjektif,” ucapnya. (red)

Share:
Komentar

Berita Terkini