PUPR Lempar Tupoksi Soal Jembatan Tanjung Pura Moti

Editor: BrindoNews.com author photo

Kondisi jembatan dan talud di pelabuhan Tanjung Pura Takofi, Kecamatan Moti. (Foto: Memet/warga Takofi).

TERNATE, BRN
- Dinas Pekerjaan Umum dan Penataan Ruang Kota Ternate, mengkaui belum mengetahui kondisi jembatan dan talud penahan ombak di pelabuhan Tanjung Pura, Kelurahan Takofi, Kecamatan Pulau Moti. 

Kendati begitu, instansi yang membidangi urusan pekerjaan umum itu mengupayakan tetap melakukan perbaikan. Ini dilakukan jika sudah mengetahui spesifik kerusakan.

“Kami akan upayakan itu (memperbaiki). Saya akan panggil staf yang membidangi hal itu dan nanti dikroscek ke lokasi,” kata Kepala Dinas PUPR Kota Ternate, Isnain Pangsiradju, saat disembangi di Aula Dinas PUPR Kota Ternate, Senin siang, 3 Januari.

Isnain menyatakan, perihal kondisi jembatan dan talud penahan ombak di Tanjung Pura itu belum tersampaikan ke PUPR.

“Tidak pernah dapat laporan dari camat atau lurah soal kerusakan jembatan dan talud. Jadi saya belum bisa berikan gambaran apa yang akan menjadi rencana kita nanti,” ucapnya.

Ihkwal serupa disampaikan Sekertaris Dinas PUPR Kota Ternate, Nasrun A. Samaun. Nasrun menambahkan, jembatan dan talud di Tanjung Pura masuk dalam program pekerjaan prioritas Januari tahun ini.

“Kami akan bikin pra perencanaan. Sekarang kita belum bisa pastikan untuk diperbaiki di tahun 2022 atau tidak, sebab anggrannya belum ada. Kita di pemerintahan ini kerja berdasarkan dokumen anggaran yang ada seperti DPA,” tambahnya.

Nasrun mengemukakan, perbaikan jembatan dan talud di Tanjung Pura memungkinkan menggunakan dana tanggap darurat. Kemungkinan ini boleh dilakukan apabila dokumen pelaksanaan anggaran atau DPA belum keluar.

“Tapi itu tergantung pra perencanaan yang dibuat saat turun nanti. Kalau masalah dermaga (jembatan) itu bukan tupoksi PUPR, itu tanggung jawab dinas perhubungan. Talud baru masuk di dinas PUPR,” sebutnya. (ham/red)

Share:
Komentar

Berita Terkini