Panitia FKNT 2022 Terus Matangkan Persiapan Festival

publisher: BrindoNews.com author photo

Gelaran FKNT 2020. (dok. kompas.com)

TERNATE, BRN
– Panitia penyelenggara terus mematangkan kesiapan pelaksanaan  Festival Kampung Nelayan Tomalou alias FKNT. Pihak panitia menyebutkan kesiapan pelaksanaan FKNTsudah mencapai 70 persen. 

Ketua panitia FKNT 2021, Ismanto Saleh mengatakan progress 70 persen kesiapan itu termasuk fasilitas fisik.

“Panitia bersama masyarakat Tomalou terus bekerja ekstra untuk semua titik lokasi, dan kesiapan yang lain bisa selesai sesuai target waktu yang telah direncanakan,” kata Ismanto, Sabtu, 15 Januari.

Ismanto menyebutkan, ada beberapa mata lomba diikutsertakan dalam FKNT 2021. Yaitu mancing mania, dayung bahari, mewarnai anak nelayan. Pemenang akan mendapatkan bonus Rp50 juta, dan doorprize satu unit kapal 3GT dan mesin.

“Semenatara lomba dayung dan mewarnai anak nelayan masih kita coba hitung. Yang jelas hadianya mulai juara satu sampai harapan 4 untu lomba dayung,” terangnya.

Ismanto manmbahkan, gelaran festival dimulai 5-12 Maret 2022 ini rencananya dihadiri Menteri KKP, Sakti Wahyu Trenggono.

“Insyah Allah festival ini juga akan digelar Seminar Kampung Nelayan Maju, dan pematerinya oleh Prof. Romi Dauri, Ketua Umum Masyarakat Aquakultur Indonesia atau MAI, sekaligus pelantikan MAI wilayah Maluku Utara,” ujarnya.

Kepala Dinas Kelautan dan perikanan Provinsi Maluku Utara, Abdullah Assagaf menyabutkan, gelaran FKNT disepakati dilaksanakan pada 5-12 Maret 2022. Konsep yang diusung tak berbeda jauh dengan FKNT 2020 yaitu ramah lingkungan.

Aksi bersih pantai dan lingkungan juga nantinya dilakukan sebelum festival berlangsung. Kegiatan ini menjadi agenda rutin dalam rangka menyambut acara pembukaan. 

“Beberapa agenda seperti bersih-bersih pantai sudah dilakukan. Aksi yang melibatkan Wali Kota dan Wakil Wali Kota Tidore, masyarkat dan bersama pemuda Kelurahan Tomalou itu bentuk meningkatkan kesadaran, terutama nelayan tentang pentingnya menjaga kebersihan dan kelestarian laut bersama ekosistemnya,” ucapnya. (jr/red)

Share:
Komentar

Berita Terkini