DLH Ajak Semua Stakeholder Terlibat Tangani Masalah Sampah

Editor: BrindoNews.com author photo
Kadis DLH Halmahera Timur : Harjon Gafur

HALTIM, BRN - Penanganan sampah rumah tangga di Kabupaten Halmahera Timur (Haltim) bisa dibilang belum maksimal. Dinas lingkungan hidup atau DLH setempat belum bisa diberikan dua jari jempol maupun prestasi apapun. 

Pusat pemerintahan di Kota Maba misalnya. Ibu kota Kabupaten bermotto limabot fayfiye itu masih banyak sampah rumah tangga yang berserakan dijalan dan bukan dibuang pada tempatnya. 

Kepala Dinas Lingkungan Hidup Haltim, Harjon Gafur mengatakan, penanganan sampah di Halmahera Timur bukang hal gampang. Bahkan untuk mengatasi masyarakat tidak lagi membuang sampah sembarang butuh kerja keras dan kerjasama semua pihak. 

"Untuk mengatasi masalah sampah di Halmahera Timur, harus butuh keterlibatan semua stekholder,  Mensosialisasikan dan memberikan edukasi kepada masyarakat tentang pentingnya lingkungan hidup dan kesehatan sangat diperlukan. Sehingga bisa menciptakan lingkungan yang bersih dengan cara membuang sampah pada Tempat Pembuangan Sampah (TPS) yang disiapkan," kata Harjon disembangi Wartawan di kantor Bupati Selasa, (11/01/2021). 

Harjon menyatakan, pengangkutan sampah oleh petugas sudah dilaksanakan semaksimal mungkin. Armada pengngkut sampah juga telah dipersiapkan oleh DLH untuk mangangkut sampah pada tiap-tiap TPS. 

"Meskipun Armada pengngkut sampah sudah dipersiapkan DLH, namun Kesadaran masyarakat membuang sampah masih rendah. Bahkan masih ada warga yang membuang sampah di dalam kali Sangaji," jelas Harjon. 

Kelapa Dinas yang bertugas menangani sampah dan urusan pertanahan itu menambahkan, dinas yang dibawahinya bakal lebih memaksimalkan penanganan sampah ditahun ini 2022.

"Anggaran penanganan sampah kami sudah usulkan di APBD 2022. Ditahun ini DLH lebih memprioritaskan penanganan sampah. Kecamatan Maba dan Kota Maba penanganannya akan lebih dimaksimal. Armada pengangkut sampah juga akan kami tambah agar penanganan sampah lebih cepat dan solutif,"tandasnya. (mal/red).

Share:
Komentar

Berita Terkini