Akhir Januari Nanti BPN Ternate Terbitkan Ribuan Sertifikat Tanah

Redaksi author photo

Kantor BPN Ternate.

TERNATE, BRN
- Kementrian Agraria dan Tata Ruang Badan Pertanahan Nasional Kota Ternate bakal menerbitkan 1.200 sertifikat hak atas tanah. Penerbitan dokumen kepemilikan itu rencananya diterbitkan dalam program PTSL 2022. 

Kepala Seksi Penetapan Hak dan Pendaftaran BPN Kota Ternate, Rio Kurniawan mengatakan, penerbitan lebih dari seribu sertifikat hak tanah ini difokuskan di dua kecamatan. Yaitu Pulau Hiri dan Ternate Utara.

Untuk Pulau Hiri, meliputi Kelurahan Dorari Isa, Faudu, Mado, Tafraka, Togolobe dan Tomajiko. Sedangkan di Ternate Utara, yaitu Tabam, Tafure, Tubo, dan Soa.

Rio menyatakan, sertipikat hak atas tanah tersebut tujuannya memberikan kepastian hukum terhadap kepemilikan atau penguasaan tanah masyarakat. Termasuk memanimalisir adanya sengketa tanah.

“Selain itu  untuk meningkatkan taraf hidup masyarakat (peningkatan ekonomi) dengan mengagunkan sertifikat ke lembaga keuangan (perbankan) dalam keperluan untuk menambah modal usaha,” katanya, Rabu, 12 Januari.

Rio menambahkan, program PTSL 2022 rencananya mulai jalan akhir Januari nanti.

“Ini berjalan selama setahun. Kami targetkan sebelum akhir Desember 2022 sudah harus rampung. Diharapkan program PTSL di Kecamatan Pulau Hiri dapat menghasilkan pulau lengkap sertifikat,” ucapnya. (ham/red)

Share:
Komentar

Berita Terkini