34 Kades Terpilih Hasil Pilkades Halmahera Timur Resmi Dilantik

publisher: BrindoNews.com author photo
Wakil Bupati Anjas Taher ketika memasangkan pin ke salah satu kepala desa terpilih hasil pemilihan kepala desa (pilkades) serentak 2020. (Akmal Lule).

HALTIM, BRN - 34 kepala desa terpilih resmi dilantik, Senin, 31 Januari 2022. Prosesi sumpah dan janji jabatan hasil pemilihan kepala desa serentak 2021 itu dipimpin Wakil Bupati Halmahera Timur, Anjas Taher. 

Anjas Taher mengatakan pelantikan para kepala desa ini sesuai Surat Keputusan Bupati Halmahera Timur Nomor 188.45/140/9/2022. Mereka-mereka yang dilantik diharapkan mampu berkomunasi baik dengan masyarakat, teruma menyatukan keharmonisan dan saling mengeratkan masyarakat satu sama lain.

“Kepala desa adalah pelayan masyarakat, karena itu tidak boleh membeda-bedakan antara yang memilih saudara atau tidak. Prioritaskan pembangunan desa dan rencana kegiatan pembiayaan sebagai pelaksanaan dari RKP-Des adalah dokumen APB-Des sebagai rencana pengelolaan keuangan desa yang juga harus disusun setiap tahun. Dibahas dan disetujui bersama pemerintah desa serta badan permusyawaratan desa, serta harus dikelola berdasarkan asas transparan, akuntabel, partisipatif, dilakukan dengan tertib dan disiplin anggaran,” kata Anjas ketika memberikan sambutan.

 

Anjas berharap para kepala desa (kades) tetap mengedepankan transparansi dalam mengelolan anggaran desa. Menghindari tindakan korupsi dan meningkatkan hubungan baik bersama badan permusyawaratan desa sebagai mitra kerja. 

“Prinsipnya, kemajuan maupun pembangunan desa, dan adanya inovasi peningkatan kesejahteraan masyarakat itu yang utama. Pemerintah desa dituntut untuk lebih aspiratif, kreatif, inovatif dan cepat tanggap terhadap perkembangan situasi, serta kondisi dalam kehidupan masyarakat. Di era keterbukaan informasi seperti saat ini, kepala desa tidak boleh risih terhadap keluhan atau pertanyaan warga mengenai penyelenggaraan pemerintahan desa. Saudara harus responsif terhadap tuntutan dan kebutuhan warga desa saudara; dan jangan lupa untuk selalu berkonsultasi kepada camat apabila terdapat permasalahan di desa, ataupun hal-hal lain yang memerlukan petunjuk lebih lanjut,” ucapnya. (mal/red)

Share:
Komentar

Berita Terkini