Pemkot Ternate Usulkan Anggaran Perbaikan Talud Yang Rusak Akibat Bencana

publisher: BrindoNews.com author photo
Rizal Marsaoly : Kepala Bappelitbangda

TERNATE, BRN - Pemerintah Kota Ternate akan secepatnya melakukan perbaikan talud yang rusak akibat bencana banjir rob yang terjadi beberapa waktu lalu.

Kepala Badan Perencanaan Pembangunan, Penelitian dan Pengembangan Daerah (Bappelitbangda) Kota Ternate, Rizal Marsaoly, mengatakan, infrastruktur umum seperti talud akan menjadi titik fokus pemerintah. Bahkan infrastruktur yang rusak ini akan diperbaiki mendahului Anggaran Pendapatan Belanja Daerah Perubahan (APBD-P) 2022 mendatang.

“untuk perbaikan anggaranya memang tersedia, tapi kita kordinasi terlebih dahulu dengan DPRD agar dapat ditampung dalam perubahan anggaran nanti,” ucap Rizal kepada wartawan, Kamis 9 Desember 2021.

Selain melakukan perbaikan talud ditapak satu, keberadaan talud penahan ombak yang rusak parah mislanya di Kelurahan Sangaji juga secepatnya dilakukan perbaikan. Sebagaimana telah menjadi perhatian serius oleh Wali Kota Ternate M Tauhid Soleman.

“untuk infrastruktur yang rusak di beberapa titik ini bakal segera diperbaiki. Karena dalam rapat, Wali Kota telah memerintahkan langsung secepatnya ditangani,”ujarnya.

Selain itu kata Rizal, Badan Penangulangan Bencana Daerah (BPBD) juga diminta untuk mendata seluruh aset yang rusak agar diketahui berapa besar alokasi anggaran yang dibutuhkan. Setelah itu, kita mencoba melakukan kordinasi dengan Balai Wilayah Sungai (BWS) untuk bisa melakukan perbaikan talud.

“Rencana Pak Wali juga akan berkordinasi dengan BWS. Kalau angggranya bisa ditangani dengan APBD maka kita tangani. Tapi kalau pembangunannya butuh anggaran yang besar maka akan diupayakan sering dengan melalui APBN,” tandasnya.(vhes/red)


Share:
Komentar

Berita Terkini