Pemkot Ternate Raih Penghargaan JKPI 2021

Redaksi author photo
Wali Kota Ternate, M Tauhid Soleman saat menerima penghargaan JKPI

TERNATE, BRN - Pemerintah Kota Ternate, Maluku Utara berhasil menyabet penghargaan bergengsi Jaringan Kota Pusaka Indonesia (JKPI) AWARD kategori kota Deklator yang  dilaksanakan di kota Bogor pada 3 Desember 2021. Penghargaan itu langsung diterima Walikota Ternate, Dr. Tauhid Soleman

M Tauhid Soleman mengatakan, Penghargaan JKPI ke- V yang diterima atas dasar Kota yang mempunyai cerita panjang akan sejarah perjuangan, terutama perjuangan para Sultan-Sultan Ternate pada Kesultanan Ternate. Inilah yang membuat keberadaan Kota Ternate menjadi tujuan utama bangsa kolonial datang dan saat itulah dimulai masuknya bangsa imperalis ke Indonesia.

“Peninggalan jejak bangsa kolonial terlihat jelas dengan keberadaan benteng-benteng, baik peninggalan bangsa Portugis maupun Belanda. Kepedulian akan pelestarian inilah yang menjadikan kota Ternate menjadi salah satu kota yang diberikan JKPI,

Selain itu, kata Tauhid, penghargaan juga diterima oleh Walikota sebelumnya Alm. Burhan Abdurahman. yang diwakili olah Sukardi A Gani, sebagai Kabid Kesenian dan Budaya Dinas Kebudayaan kota Ternate.

Dalam kategori tersebut, Pemkot mengambil langkah strategis dalam merevitalisasi Benteng Oranje dan Kawasan sekitarnya, sehingga menjadi Ikon kota Ternate dan tempat berbagai aktifitas seni dan budaya.

“Dengan menjadikan Benteng Oranje sebagai Museum Rempah-rempah, Kota Ternate kini menjadi Centrum dari berbagai komunitas seni budaya dan kreatif didalam ekosistem pemajuan kebudayaan,”ucap Tauhid.

Lanjut Tauhid, untuk mengembangkan Kota Ternate dengan menjadikan peninggalan budaya, baik budaya benda (tangible) maupun budaya tak benda (intangible) sebagai indikator utama perubahan kota sebagai unggulan dari parawisata Kota Ternate.

“Saya berharap, dengan momentum yang luar biasa ini mari kita menjaga kota bersejarah agar kebudayaan dan peninggalan-peninggalan sejarah lainnya bisa tetap dilestarikan sebagai investasi kota masa depan,”tandasnya.(vhes/red)


Share:
Komentar

Berita Terkini