Pemkot Dimita Terbitkan Perwali Penggunaan Narkotika Dan Zat Adiktif

publisher: BrindoNews.com author photo

Anas Umalik : Anggota DPRD Komisi III
TERNATE,BRN – Maraknya Penggunaan lem Eha Bhon dikalangan anak dibawah umur di Kota Ternate, Dewan Perwakilan Rakyat Daerah (DPRD) mendesak Pemerintah Kota Ternate agar segera menerbitkan Peraturan Wali Kota (Perwali) tentang penggunaan Narkotika dan zat adiktif.

“Penggunaan zat adiktif seperti lem Eha Bond marak terjadi belakangan ini sehingga pemkot diminta segera buat Pewali guna melindungi kesehatan remaja, terutama pada anak-anak yang usianya masih produktif,” ucap Ketua Komisi III Dekot, Anas. U. Malik kepada wartawan, Rabu 22 Desember 2021.

Anas membeberkan berdasarkan penjelasan dari Dinas Pendidikan Kota Ternate, ada sekitar 67 orang pengguna lem Eha Bond. Dari jumlah tersebut, ada yang masih dibawa umur ada juga yang masih menempuh pendidikan di Sekolah Menengah Pertama (SMP).

Anggota Dewan yang membidangi Komisi III itu meminta Pemkot segera tebitkan Perwali dengan tujuann menjauhkan kalanagan remaja dari bahaya zat adiktif tersebut karena zat  yang terkandung didalam Eha Bond ini bisa mengakibatkan gangguan yang lebih serius seperti kerusakan otak, dan kerusakan organ tubuh bahkan kematian.

“Saat ini, penggunaan lem Eha Bond ini begitu massif dan mengkhawatirkan. Akibatnya, berimbas pada generasi muda. Jadi kami butuh dukungan dari pemkot Ternate dengan cara membuat Perwali,”ujar Anas.

Selain itu,Komisi III Dekot juga meminta dukungan dinas Pendidikan untuk mengimplementasikan Peraturan Daerah (Perda) pemberlakuan belajar siswa. Bahkan meminta peran Satpol PP agar selalu intens melakukan raziah di semua tempat wisata, agar tidak ada lagi siswa yang berkeliaran di jam tertentu.

Kami mengharapkan dukungan dari semua pihak agar sama-sama berkomitmen untuk mencegah penggunaan lem Eha Bond dikalangan remaja. Bahkan dalam waktu dekat DPR bakal mengundang pelaku usaha, OPD terkait untuk mengatur mekanisme penjualan lem. Setelah itu baru kita keluarkan rekomendasi ke Pimpinan DPRD untuk di teruskan ke Pemerintah Kota Ternate untuk menerbitkan Perwali.(ham/red)

Share:
Komentar

Berita Terkini