Pedagang Pasar di Kota Ternate Mulai Didata

Redaksi author photo
Pedagang pasar mulai Didata
TERNATE, BRN - Dinas Perindustriam Perdagangan (Perindag) Kota Ternate melalui Unit Pelaksana Teknis (UPT) mulai melakukan pendataan terhadap seluruh pedagang.

Kepala UPT Pasar Ternate Tengah, Guntur Doa, yang ditemui disela-sela melakukan pendataan di kawasan pasar Gamalama mengatakan, pendataan terhadap seluruh pedagang dengan tujuan pencocokan data yang dimiliki oleh pihaknya dengan BP2RD, mengingat hampir sebagian besar lapak yang disediakan oleh Pemkot, kebanyakan tidak sesuai dengan data awal.

“pendataan ini kita lakukan diseluruh pasar yaitu di kawasan pasar Gamalama, pasar Bastiong dan pasar Dufa-Dufa. Baik itu pedagang Barito, Sembako, pedagang pakaian, maupun pedagang buah-buahan,”ujar Guntur, kepada wartawan, Rabu 8 Desember 2021.

Guntur bilang, pendataan ulang terhadap pedagang ini selain untuk pencocokan data yang dimiliki oleh BP2RD, juga soal penarikan retribusi pasar yang nantinya bakal dialihkan ke UPT Pasar selaku penanggung jawab, yang sebelumnya telah diusulkan oleh DPRD Kota Ternate.

“ Selain melakukan pendataan, kami juga membahas soal retribusi pasar yang nantinya dialihkan ke UPT pasar sebagai penanggungjawab,”ucapnya.

Lanjut Guntur, pada saat dilakukan pendataan, pihaknya menerima keluhan para pedagang, terutama pedagang pakaian yang ada di pasar Gamalama lantaran karena sepih pembeli. Mengingat pembeli lebih cendrung berbelanja ke pasar Kota Baru ketimbang dipasar Gamalama.(vhes/red)


Share:
Komentar

Berita Terkini