Jembatan Tanjung Pura Moti Butuh Perhatian Pemerintah

Editor: BrindoNews.com author photo

Kondisi jembatan Tanjung Pura, Kelurahan Takofi, Kecamatan Moti. Tampak disisi kanan jembatan miring. Talud penahan ombak, dan badan jalan rusak akibat abrasi yang terjadi disekitar jembatan. 

TERNATE, BRN
- Kondisi jembatan di dermaga Tanjung Pura, Kelurahan Takofi, Kecamatan Moti, Kota Ternate, mulai memprihatinkan. Para warga pun meminta pemerintah secepatnya tanggap dan turun tangan. 

Permintaan perbaikan ini disampaikan oleh Rudini, salah satu pemuda Takofi. Menurut Rudini, pelabuhan speedboad rute Makian-Moti dan Ternate itu tiang penyangga dan badan jambatannya sudah membahayakan keselamatan warga, terutama penumpang.

“Padahal usianya masih seumur jagung. Pemerintah Kota Ternate jangan berdiam diri, jangan sampai ada korban jika dipaksakan, karena setiap harinya ada aktivitas dagang (jualan) maupun pelayaran,” kata Rudini, Senin kemarin.

Beberapa bagian jembatan juga retak.

Camat Moti, Fahruddin menyebutkan kerusakan juga terjadi pada talud penahan ombak dan badan jalan. Kerusakan ini akibat abrasi.

“Tahun kemarin (2020) sudah diusulkan, tapi persoalan anggaran. Kita dari pemerintah kecamatan tetap upayakan bisa dikerjakan tahun depan (2022), jembatan ini perioritas dalam musrembang tahun depan,” ujarnya.

Wali Kota Ternate M. Tauhid Soleman mengaku baru mendengar dan mengetahui kondisi jembatan di dermaga Tanjung Pura. Ketua DPD NasDem Kota Ternate ini bilang, jembatan tersebut nantinya diperbaiki kalau pihak PUPR turun dan kroscek di lapangan.

“Nanti dinas pekerjaan umum (PUPR Kota Ternate) turun cek keadaan di sana bagiamana, baru kita ambil langkah perbaikan,” kata Tauhid, saat disembangi di halaman Kantor Wali Kota Ternate, Selasa, 28 Desember. (jr/red)

Share:
Komentar

Berita Terkini