Hasil Investigasi Pencatutan Nama Gubernur Malut Diserahkan

publisher: BrindoNews.com author photo

Nirmwan: Keputusannya Tergantung Gubernur

Nirwan M. T. Ali.

TERNATE, BRN
- Inspektorat Provinsi Maluku Utara resmi menyerahkan hasil investigasi pencatutan nama gubernur yang diduga dilakukan Kepala Dinas Perkim, Yunus Badar.

“Hasilnya kita sudah sampaikan ke gubernur, selanjutnya menunggu keputusan gubernur seperti apa,” kata Kepala Inspektorat Malut Nirwan M.T. Ali, Selasa kemarin, 21 Desember.

Nirwan mengatakan, pihak yang diduga terlibat maupun mengetahui dugaan kasus meminta uang dengan membawa-bawa nama Gubernur Abdul Gani Kasuba itu semuanya dimintai keterangan. Bahkan, Nirwan menyebutkan bahwa bukti yang didaptkan selama investigasi sudah diserahkan ke gubernur.

“Seperti apa ditindaklanjutnya inspektorat belum juga tahu. Semuanya tergantung keputusan gubernur, tugas inspektorat hanya menjalankan perintah gubernur, selebihnya ada di tangan gubernur,” ujarnya.

Sebelumnya, brindonews.com memberitakan Kepala Dinas Perikam Maluku Utara Yunus Badar, yang diduga meminta salah satu stafnya untuk mencarikan uang senilai Rp.25 juta, pada 13 September 2021. Besaran uang ini lalu disetor ke gubernur dalam rangka pengurusan pergantian bendahara lama ke yang baru.

Permintaan tersebut langsung dipenuhi dan uangnya pun langsung diserahkan ke Yunus Badar selaku Kepala Dinas Perumahan Kawasan dan Pemukiman Provinsi Maluku Utara. Yunus juga diduga kembali meminta oknum stafnya itu untuk menyetor Rp30 juta ke Gubernur Abdul Gani Kasuba. Yunus berdalih, uang tersebut diminta oleh gubenur.

Oknum staf yang merupakan bawahannya itu kembali menyetor uang Rp.60 juta melalui rekening BNI atas nama Yunus Badar. Selain itu, Yunus juga menjanjikan bawahannya itu memberikan proyek Pematangan Lahan RSUD sebagai imbalan. (red/tim)

Share:
Komentar

Berita Terkini