Wujudkan Smart City, Diskominfo Halsel Canangkan 137 Tower 4G LTE

Editor: BrindoNews.com author photo

Kepala Diskominfo Halmahera Selatan, Sutego.

HALSEL, BRN
– Dinas Komunikasi dan Informatika (Diskominfo) Halmahera Selatan berencana  membangun 137 unit Tower base transceiver station di 30 kecamatan. Stasiun pemancar dengan jaringan 4G LTE itu ditargetkan bakal aktif pada awal 2022.

Kepala Diskominfo Halmahera Selatan, Sutego mengatakan, 137 Unit Tower tersebut merupakan bantuan dari Kementrian Kominfo dari BAKTI. Sementara Pemda hanya membantu melakukan survei dan menyiapkan lahan. 

"Upaya pemerataan jaringan telekomunikasi telah selesai dilakukan survei dan penetuan lokasi oleh Pemda. Langkah ini dilakukan pemerintah daerah untuk mewujudkan program smart city" kata Sutego, saat disembangi di ruang kerjanya, belum lama ini.

Sutego bilang, untuk Memaksimalkan jalinan komunikasi jarak jauh sebagai sarana menuju kota pintar adalah memastikan seluruh masyarakat Kabupaten Halmahera Selatan di 249 desa dapat tersentuh jaringan (terhubung intenet).

"tower yang rencananya dibagun itu memiliki koneksi antara tower satu dengan lainnya. Sehingga pengoptimalan komunikasi data berbasis digital ini memungkinkan ibu kota kabupaten maupun desa saling terhubung,"jelas Sutego.

Lanjutd dia, Pemerintah daerah Halmahera Selatan memiliki tanggung jawab besar dalam memaksimalkan perangkat keras maupun lunak yang menjadi sarana berbasis digital menuju era digitalisasi dalam konteks smart city

"Karena itu, kami upayakan mengadakan internet di 30 kecamatan melalui bhakti dengan jalinan kerjasama yang telah terbangun oleh Kementerian Kominfo RI,” tuturnya. (nawir/red)

Share:
Komentar

Berita Terkini