Tekan Inflasi, BI dan Pemprov Malut Gelar Capacity Building

Editor: BrindoNews.com author photo

Kantor Perwakilan Bank Indonesia Maluku Utara.

TERNATE, BRN
- Kantor Perwakilan Bank Indonesia Maluku Utara menggelar kegiatan capacity building, Selasa 9 November. Acara during bersama Pemerintah Provinsi Maluku Utara ini dalam rangka menindaklanjuti hasil rapat koordinasi wilayah tim pengendalian inflasi daerah se-Provinsi Maluku Utara pada 17 September 2021. 

Kepala Kantor Perwakilan BI Maluku Utara, Hario Kartiko Pamungkas menerangkan, capacity building merupakan salah satu respon Tim Pengendalian Inflasi Daerah atau TPID dalam menghadapi risiko dan tantangan pengendalian inflasi di Provinsi Maluku Utara. Peningkatan resiko seiring naiknya demand pasokan pangan yang disebabkan pesatnya laju pertumbuhan beberapa lapangan usaha.

Hario mengatakan ada tiga sektor yang dikemas dalam tema utama capacity building. Yaitu peningkatan produktivitas di sektor pertanian, perikanan dan perkebunan sebagai program prioritas keterpenuhan kebutuhan masyarakat dan menstabilkan laju inflasi, termasuk mengendalikan atau mengontrol rentang target yang ditentukan.

“Melalui capacity building TPID ini, ditekankan bahwa penyusunan program pengembangan sektor pertanian oleh setiap pemerintah kabupaten kota hendaknya menggunakan skema Closed-Loop atau End to End. Skema ini pada intinya menekankan adanya kolaborasi pembinaan sektor pertanian oleh kalangan akademik, bisnis, government, and community atau juga disebut skema A, B, G, dan C,” ujarnya.

Hario mengharapkan kolaborasi antar TPID kabupaten kota di Provinsi Maluku Utara dapat membantu meningkatkan efektivitas program pemerintah daerah di sektor pertanian, perikanan, dan perkebunan. Serta mendorong kemandirian pangan guna mendukung tercapainya pertumbuhan ekonomi yang inklusif dan berkelanjutan di masa yang akan datang.

Kegiatan melalui aplikasi zoom meeting tersebut dihadiri narasumber Asisten Deputi Moneter dan Sektor Eksternal Kemenko Perekonomian, Dr. Ferry Irawan, Direktur Sinkronisasi Urusan Pemerintahan Daerah III, Budiono Subambang, dan Guru Besar Fakultas Ekonomi dan Manajemen IPB, Prof. Dr. Muhammad Firdaus. Ikut hadir seluruh TPID  kabupaten kota se-Maluku Utara. (ham/red/adv)

Share:
Komentar

Berita Terkini