Sub Kontraktor Asal Jawa Jadi Tersangka Kasus Penipuan di Ternate

Editor: BrindoNews.com author photo

Kantor Direktorat Reserse Kriminal Umum Kepolisian Daerah (Polda) Maluku Utara.

TERNATE, BRN - AS alias Agus, resmi menyandang status tersangka atas kasus dugaan penipuan dan penggelapan berkedok jasa sewa alat LCT.

Pria asal Jawa berusia 46 tahun sekaligus sub kontraktor dari CV. Bintang Jaya Konstruksi itu ditetapkan tersangka setelah terbitnya surat dengan nomor: Skep/19/XI/2021 tertanggal 23 Oktober 2021.

Kabid Humas Polda Maluku Utara, Kombes (Pol) Adip Rojikan menuturkan, kasus ini bermula dari laporan KL dengan nomor: LP/97/X/2021/MALUT/SPKT, tertanggal 12 Oktober 2021.

Berawal Agus menawarkan jasa sewa alat LCT (kapal dan eksavator) pada Agustus 2021. Tersangka menjanjikan alat selanjutnya dikirim dari Bitung, Sulawesi Utara tujuan Ternate kalau KL melunasi pembayaran. Namun setelah dibayar, alat tidak didatangkan ke Ternate.

“Alat-alat (yang disewa) ini dalam rangka pekerjaan pengerukan pelabuhan perikanan. Dan telah dibayarkan oleh KL melalui tersangka kemudian dilanjutkan ke FJP alias Frengky, penyedia jasa yang berada di Bitung,” kata Adip, ketika dikonfirmasi melalui WahtsApp, Sabtu malam, 27 November.

Adip mengatakan, kerugian korban atas dugaan penipuan ini ditaksir mencapai Rp410 juta. Tersangka dijerat pasal 378 penipuan dan 372 penggelapan dengan ancaman hukuman 4 tahun penjara.

“Tersangka sudah ditahan selama 20 hari kedepan terhitung mulai hari ini, Sabtu 27 November 2021. Penahanan terhadap AS dengan pertimbangan objektif dan subjektif agar tersangka tidak menghilangkan barang bukti. Tersangka ditahan di sel Polres Ternate,” ujarnya. (jr/red)

======

Catatan Redaksi: Berita ini sudah dilakukan revisi dua kali untuk memperbaiki kesalahan penulisan usia. Perbaikan juga dilakukan pada judul yang sebelumnya ditulis "Pria Paruh Baya Asal Jawa Jadi Tersangka Kasus Penipuan di Ternate”  diralat menjadi "Kontraktor Asal Jawa Jadi Tersangka Kasus Penipuan di Ternate". Kemudian direvisi lagi menjadi "Sub Kontraktor Asal Jawa Jadi Tersangka Kasus Penipuan di Ternate" seperti tertera diatas. Atas kekeliruan ini redaksi brindonews.com meminta maaf yang sebesar-besarnya. Mohon maaf juga atas ketidaknyamanannya.

Share:
Komentar

Berita Terkini