Masyarakat Awis Gane Barat Harap Bupati Usman Bantu Perbaiki Masjid

Editor: BrindoNews.com author photo

Kondisi bangunan Masjid Al-Fajri Desa Awis, Gane Barat Selatan. Foto diambil saat brindonews.com berkesempatan mengunjungi Desa Awis pada Agustus 2021 kemarin. (nawir/brindonews).

Masjid Al-Fajri, Desa Awis, Kecamatan Gane Barat Selatan, Halmahera Selatan, belum juga mendapat perhatian dari Pemerintah Halmahera Selatan. Padahal, rumah ibadah ini rusak akibat gempa magnitudo 7,2 SR mengguncang wilayah setempat pada 2019 lalu. 

Uku, salah satu warga Awis mengatakan kondisi bagunan masjid di desanya itu kian memprihatinkan. Terhitung sudah Tiga tahun rusak semenjak gempa bumi pada Minggu 14 Juli 2019.

“Sebagian dinding masjid roboh. Pemerintah desa sempat merenovasi beberapa bagian dinding, namun terkendala dana. Sebab anggaran desa yang pakai tidak diatur dalam regulasi dan tidak mungkin untuk memaksimalkan anggaran desa untuk pembangunan tempat ibadah,” kata Uku, Rabu, 17 November.

Uku menyatakan Masjid Al-Fajri merupakan satu-satunya masjid di kampungnya. Namun masjid ini tidak lagi pergunakan sebagai tempat salat berjamah. 

“Sudah mirip gedung/bangunan tua. Berharap pemerintah kabupaten (Halmahera Selatan),melirik masjid kami ini,” ujarnya.

Ikram Bunovo menambahkan, masjid di desanya itu pernah mendapat bantuan dari Dewan Masjid Indonesia. Hanya saja, bantuan tersebut dipergunakan untuk pembangunan musallah darurat. 

“Kami takut jangan sampai ada gempa susulan, makanya kami bangun musallah sementara. Kami masyarakat Awis sangat berharap masjid bisa diperbaiki, dan mungkin Pemerintah Kabupaten Halmahera Selatan dalam hal ini Bupati Hi. Usman Sidik bisa meringankan tangan untuk membantu perbaikan Masjid Al-Fajri di desa kami,” harapnya. (nawir/red)

Share:
Komentar

Berita Terkini