La Nina Picu Ratusan Rumah Warga di Halmahera Timur Terendam Banjir

Editor: BrindoNews.com author photo
Banjir yang terjadi di Desa Wasile, Kecamatan Wasile, Kabupaten Halmahera Timur

HALTIM, BRN – Banjir hampir setinggi satu meter merendam ratusan pemukiman warga yang berada di Desa Wasile, Kecamatan Wasile, Kabupaten Halmahera Timur, Maluku Utara.

Hal ini terjadi akibat hujan deras dengan intensitas tinggi yang terjadi sejak Selasa, 23 November 2021 sekira pukul 17:14 WIT kemarin. Akibatnya, terjadi luapan sungai yang menghantam 128 rumah.

Kepala Badan Penangulangan Bencana Daerah atau BPBD Halmahera Timur, Darso Gajal, mengatakan, akibat banjir tersebut, seluruh warga yang terkena dampak sudah dievakuasi oleh tim BPBD ke SMP Negeri 5 untuk sementara waktu.

“Ketinggian air dalam rumah warga lebih dari 40 centi meter, sementara dibagian badan jalan lebih dari 1 meter. Seluruh warga yang terkena dampak sudah dievakuasi,”ucap Darso.

Darso menyatakan, berdasarkan hasil investigasi oleh tim BPBD dilokasi banjir tidak memakan korban jiwa, hanya saja material rumah warga mengalami rusak ringan dan material banjir tertimbun didalam rumah warga.

“Untuk kerugian berapa banyak belum bisa ditaksir. Yang jelasnya, banyak rumah warga yang suda tertimbun dengan material banjir. Saat ini warga yang dievakuasi belum bisa dipulangkan sampai banjir surut,” kata Darso.

Mantan sekertaris dinas Pendidikan itu bilang, upaya mitigasi terus dilakukan oleh tim BPBD untuk emastikan apakah banjir kembali terjadi atau tidak,

“Pihak BPBD akan terus memantau perkembangan. Sementara untuk bantuan makanan dan minuman ditambah obat-obatan sudah disalurkan oleh Pemda dan PT. Antam,” katanya.

Darso berharap agar warga setempat tetap mewaspadai terjadinya banjir susulan. saat beraktivitas apalagi cuaca ekstrim belum bisa diprediksi kapan akan berakhir. (mal/red)

Share:
Komentar

Berita Terkini