Halmahera Barat Bakal Punya Pelabuhan Ferry

Editor: BrindoNews.com author photo

Ilustrasi kapal ferry.

TERNATE, BRN
- Rencana pengembangan pelabuhan ferry di Kabupaten Halmahera Barat terus berlanjut. Kementrian Perhubungan (Kemenhub) Wilayah XXIV Provinsi Maluku Utara menyebut dermaga yang berlokasi di pusat Kota Jailolo ini bakal melayani pelayaran rute Jailolo-Bitung.

Kepala Seksi Lalulintas Kemenhub Wilayah Maluku Utara, Hamka Husen menjelaskan, perencanaan penambahan atau pembangunan dermaga ferry di Jailolo, Halmahera Barat itu pihaknya telah bertemu dengan pemerintah setempat. 

“Salah satunya membahas kelengkapan syarat-syaratnya, terutama dokumen prinsip seperti amdal. Proyek pemenuhan dermaga ferry ini diusulkan oleh Pak Bupati James, dan kami pihak kemenhub sangat merespon baik proyek ini,” kata Hamkan, Kamis kemarin.

Hamka mengemukakan, pemenuhan pelabuhan ferry di Jailolo dinilai sudah layak. Kebutuhan ini mengingat dermaga ferry di Sidangoli, Kecamatan Jailolo Selatan tidak memenuhi justifikasi kelayakan. Termasuk standard an fasilitas pelabuhan.

“Pelabuhan Sidangoli tidak bisa melayani pelayaran kapal berukuran besar. Itu sebabnya mengapa kita di Maluku Utara tidak ada kapal yang berukuran besar minim beroperasi di sini, salah satu penyebabnya yaitu sarana prasarana pelabuhan belum memadai,” ucapnya,” ujarnya.

Hamka menambahkan, apabila proyek ini terealisasi, dermaga ini nantinya menampung  kapal berkapasitas lima ribu gross tonnage.

“Kapal kapal ukuran besar bakal beroperasi di Wiliyah Maluku Utara,” katanya. (ves/red)

Share:
Komentar

Berita Terkini