DPRD Minta Pemkot Perjelas Status Lahan Reklamasi di Mangga Dua

Editor: BrindoNews.com author photo

Mubin A. Wahid.

TERNATE, BRN
- DPRD Kota Ternate meminta pemerintah segera memperjelas status kepemilikan lahan di kawasan reklamasi di Kelurahan Mangga Dua Utara, Kecamatan Ternate Selatan.

Ketua Komisi II DPRD Kota Ternate, Mubin A. Wahid menyebutkan, pembahasan kejelasan lahan tersebut sebelumnya sudah dibahas bersama Pemerintah Kota Ternate. Termasuk menghadirkan rekanan PT. Indo Alam Raya Lestari. 

“Namun hasil rapat ini belum ditindaklanjuti. Status hukum lahannya sangat tidak jelas, jadi pemerintah harus menjelaskan status lahan tersebut terlebih dahulu (sebelum memulai kerja),” kata Mubin, Rabu 10 November.

Mubin menuturkan, rapat pembahasan yang dilakukan pada Juni 2021 lalu itu salah satunya membahas hak pengelolaan lahan atau HPL milik Pemerintah Kota Ternate. Juga membahas dasar hak pakai lainnya yang dipegang pemerintah.

“Kalau ini sudah ditangan pemerintah, otomatis kerjasama dengan pihak ketiga tidak rancu dan tidak menyelahi aturan. Karena dua hak ini tidak ada di pemerintah, DPRD meminta untuk dipending dulu pelaksanaannya sampai status lahannya jelas,” ujarnya.

Kendati begitu, Mubin menyatakan, HPL dan dasar hak pakai lainnya sudah dikantongi sekalipun tidak membuat pemerintah seenaknya melakukan kerjasama dengan pihak manapun. Kerjasama boleh dilakukan kalau sudah ada persetujuan dari DPRD.

“Harus ada persetujuan DPRD dulu. Ini sudah menjadi hasil rapat bersama pemerintah. Jika sekarang pemerintah tidak konsisten dengan hasil rapat tersebut, maka pemerintah menyalahgunakan aturan,” ucapnya. (ham/red)

Share:
Komentar

Berita Terkini