Atasi Krisis Air, Pemkot Bakal Siapkan Opsi Drainase Poros

Editor: BrindoNews.com author photo
Ilustrasi

TERNATE, BRN – Untuk memenuhi kebutuhan akan air bersih yang selama ini menjadi masalah krusial di Kota Ternate, maka Pemerintah Kota (Pemkot) Ternate saat ini berencana membangun drainase poros atau semacam bak penampung air, guna mengatasi krisis air yang hampir terjadi setiap tahun.

Kabid Pengendalian, Pencemaran dan Kerusakan lingkungan, Dinas Lingkungan Hidup dan Kebersihan (DLHK) Kota Ternate, M. Syarif Tjan, kepada wartawan, Kamis 18 November 2021 mengatakan, Rencana penyiapan drainase poros ini akan akan dilakukan tahun ini.

Bahkan menurut Syarif, drainase poros ini menjadi salah satu terobosan Pemkot Ternate, yang belum pernah diterapkan pada wilayah lain di Indonesia.

“Jadi ini merupakan salah satu terobosan pemerintah guna menjawab persoalan Krisis air bersih di Kota Ternate dan sekitarnya. Bahkan inovasi ini yang baru pertama kali dilakukan di Indonesia,”ucap Syarif.

Syarif juga menuturkan, untuk sistem pemasangan drainase poros harus melalui saluran didalam Kota. Sementara untuk wilayah di luar Ternate seperti Kecamatan Hiri akan dibuatkan sumur resapan, karena pemasangan pipa melalui jalur laut tidak memungkinkan karena kondisi arus yang cukup kuat.

Sementara Wali Kota Ternate, M. Tauhid Soleman dikonfirmasi membenarkan adanya rencana penerapan sisitem drainase poros tersebut.

“Sistem ini sudah dikordinasikan bersama Balai Wilayah Sungai (BWS). Hanya saja harus membutuhkan anggaran yang besar. Intinya pemerintah tetap pikirkan cara untuk menerapkan sistem tersebut guna mengatasi masalah air,”ujar Tauhid.

Lanjutnya, selain penerapan sisitem tersebut, tata kelola juga akan diperhatikan seperti aspek lingkungan dan konektivitas antara Dinas DLHK dengan Tata Ruang.(vhes/red)

Share:
Komentar

Berita Terkini