Tarian Soya-soya dari Kayoa Ditampilkan dalam Upacara HSP ke 93

Editor: BrindoNews.com author photo

Ilustrasi Tarian Soya-soya. (Sumber: infopublik.id)

HALSEL, BRN
- Ada beragam cara menyeremakkan semangat memperingati hari sumpah pemuda atau HSP. Mulai dari upacara, lomba, bakti sosial, hingga kegiatan kepemudaan lainnya yang melibatkan ibu-ibu.

Salah satunya dilakukan pengurus Organisasi Siswa Intra Sekolah atau OSIS SMA Negeri 7 Halmahera Selatan. Mereka menggelar upacara di halaman sekolah sebagai wujud memperingati HSP ke 93 tahun 2021.

Kepala SMA Negeri 7 Halmahera Selatan, Aludin Hi. Sabtu mengatakan, upacara diikuti seluruh guru dan siswa itu merupakan kegiatan perdana OSIS yang baru dikukuhkan pekan kemarin. Peringatan ikrar pemuda adalah merupakan bagian penting yang perlu didukung sebagai bentuk penghargaan dan penghormatan para pemuda pejuang bangsa.

“Kiranya ini sekaligus kita tanamkan sikap kepemudaan  yang cerdas bagi para siswa, terutama di internal maupun eksternal sekolah demi memajukan cita-cita daerah, bangsa, dan Negara,” kata Aludin, membuka pidato saat upacara.

Ketua OSIS SMA Negeri 7 Halmahera Selatan, Reza Pahlevi menambahkan, ada beberapa tarian daerah ditampilkan dalam upacara ini. Diantaranya Soya-soya dari Pulau Kayoa, Tarian Panah dari Kei, dana-dana, dan lalayon. 

“Ada juga teater dan beberapa atraksi lainnya juga dipragakan,” ucapnya.

Reza menyebutkan, kolaborasi tarian daerah dalam upacara dalam rangka memperingati HSP ke 93 itu merupakan wujud kecintaan terhadap budaaya. Serta penanaman sebagai bentuk rasa memiliki, memeliharan dan melestarikan maupun mengembangkan seni, adat, dan budaya daerah asal.

“Sengaja ditampilkan untuk menanamkan rasa memiliki. Berharap ini agar terus dilestariakan sebagai kesenian dan budaya sendiri,” ujarnya. (sal/red)

Share:
Komentar

Berita Terkini