Samin: STQ Nasional di Sofifi Sumbang Omzet UMKM di Ternate

Editor: BrindoNews.com author photo

Samin Marsaoly.

TERNATE, BRN
- Pergelaran Seleksi Tilawatil Qur’an XXVI Tingkat Nasional di Maluku Utara diyakini membawa berkah bagi pelaku Usaha Mikro, Kecil, dan Menengah atau UMKM di Kota Ternate. Salah satu yang diyakini adalah dapat meningkatkan ozet para UMKM di kota berjuluk TernateAndalan (sebelumnya Bahari Berkesan) ini.

Pendapat tersebut dikemukakan oleh Staf Ahli Wali Kota Ternate Bidang Pemerintahan Hukum dan Politik, Samin Marsaoly. Mantan Kepala Dinas Periwisata Ternate ini mengatakan, dampak peningkatan pendapatan UMKM mulai terlihat semenjak para khafilah berdatangan di Ternate.

“Kota Ternate mendapat banyak manfaat. Ternate merupakan pintu masuk, sehingga para khafilah yang berasal dari luar Maluku Utara yang berlaga di iven STQ ini akan datang melalui Ternate. Sejak sepekan kemarin, omset di Swalayan Taranoate meningkat, begitu juga dengan sopir angkutan, baik mobil sewaan (rental) maupun usaha jasa transportasi laut (speedboad),” sebutnya, Selasa, 12 Oktober.

“Bahkan dalam beberapa hari menjelang gelaran STQ ini, dari laporan yang kami  terima penumpang speedboad meningkat..Dampak selain promosi daerah, juga dapat memberikan dampak ekonomi bagi masyarakat,” sambungnya.

Samin mengungkapkan, dampak postif tersebut juga dirasakan para pebisnis penginapan dan hotel. Tingkat hunian meningkat disbanding sebelumnya-sebelumnya.

“Begitu juga dengan restaurant. Beberapa hari ini juga ikut meningkat. Pemerintah Kota Ternate sendiri memberi kelonggaran kepada pelaku usaha beraktifitas sampai pukul 00.00 WIT. Namun protokol kesehatan tetap diterapkan,” ucapnya. (alves/red)

Share:
Komentar

Berita Terkini