Mendagri Setujui Usualan Penyederhanaan Birokrasi Pemkot Ternate

Editor: BrindoNews.com author photo

Kantor Wali Kota Ternate.

TERNATE, BRN
- Usulan rencana penyederhanaan jabatan stuktural ke fungsional di lingkup Pemerintah Kota Ternate akhirnya disetujui Menteri Dalam Negeri Tito Karnavian.

Kepala Bagian Organisasi Setda Kota Ternate, Hartati Pora menyebutkan, jabatan struktural pejabat eselon IV yang nantinya dialihkan ke jabatan fungsional tersebut sebagai upaya percepatan penyederhanaan tenaga kerja yang diamanatkan Pemerintah Indonesia sebagaiamana surat Menteri Dalam Negeri Tito Karnavian kepada Kementerian Pendayagunaan Aparatur Negara dan Reformasi Birokrasi Nomor 130/4846/SJ tertanggal 3 September 2020 tentang akselerasi penyederhanaan biraokrasi di pemerintah daerah.

“Tahap berikutnya disampaikan ke bagian hukum kemudian selanjutnya dibahas di bersama DPRD. Namun sebelumnya harus mendapat persetujuan dari kemenpan baru dilakukan pembahasan,” kata Hartati, Rabu, 6 September.

Menurut Hartati, penyarataan jabatan dalam rangka perampingan tersebut sudah sesuai roadmap Pemerintah Indonesia. Deadline yang diberikan paling lambat Desember atau Januari 2022 sudah harus ditetapkan oleh Wali Kota Ternate, M. Tauhid Soleman.

Ada tiga hal penyarataan birokrasi yang dilakukan Pemkot Ternate.  Yaitu penyederhanaan stuktur, jabatan, serta sisitem kerja.

“Tahapan awal nantinya baru sebatas penyederhanaan stuktur.  Dimana penyederhanaan ini bisa bersamaan dengan rencana pelantikan pejabat nantinya,” ucapnya. (an/red)

Share:
Komentar

Berita Terkini