Hartati: Penyederhanaan OPD untuk Kinerja Efektif dan Efisien

Editor: BrindoNews.com author photo

Kantor Wali Kota Ternate.

TERNATE, BRN
– Langkah Pemerintah Kota Ternate merampingkan delapan organisasi perangkat daerah atau OPD sebentar lagi terwujud. Penyerderhanaan atau penggabungan dua OPD menjadi satu itu sudah sesuai aturan menteri dalam negeri.

Kepala Bagian Organisasi Sekretariat Daerah Kota Ternate, Hartati Pora  menyebutkan delapan OPD yang nantinya di merger tersebut diantaranya dinas pemuda dan olahraga, dinas kelautan dan perikanan, dinas perpustakaan dan kerasipan daerah, dinas PUPR, dinas perindustrian dan perdagangan, pemadam kebakaran, dinas ketahanan pangan serta dinas kebudayaan.

“Ini merupakan implementasi dari Permendagri Nomor 90 Tahun 2019 tentang Klasifikasi, Kodefikasi dan Nomenklatur Perencanaan Pembangunan dan Keuangan Daerah,” kata Hartati, Rabu, 20 Oktober.

Acuan lainnya, lanjut Hartati, perampingan OPD mengacu Permendagri Nomor 25 tentang Penyederhanaan Birokrasi. Tujuan penyederhanaan OPD untuk kinerja efektif dan efisien.

“Batas waktu kita sampai 31 Desember 2021 dan semua itu sudah selesai persiapan. Karena sejumlah penamaan penggabungan OPD sudah masuk ke Mendagri, namun hanya ada beberapa tambahan yang nanti menyusul masuk,” ucapnya. (alves/red)

 

Share:
Komentar

Berita Terkini