Harga Kopra di Halmahera Utara Sentuh 11 Ribu Per Kilo

Editor: BrindoNews.com author photo

Ratno bersama tiga rekan lainnya sedang mencungkil daging kelapa sebelum diolah menjadi kopra. Pekerjaan ini biasanya dilakukan dengan kelompok atau biasa disebut karang taruna. (zar/brindonews.com).

TOBELO, BRN
- Kabar gembira menyapa petani kelapa di Halmahera Utara. Harga kopra di kabupaten beribukota di Tobelo itu terus bergerak naik.

Ratno mengatakan, harga kopra di kabupatennya menyentuh angka Rp10.900 per kilo. Warga Desa Gotalamo Kecamatan Galela Barat ini mengaku harga tersebut sedikit membantu memenuhi kebutuhan rumah tangga mereka.

“Mengoloh buah kelapa menjadi kopra tentu butuh waktu. Namun dengan harga ini setidak kami lebih bersemangat (mengolah buah kelapa menjadi kopra asapan),” ucap Ratno, ketika disembangi saat mencungkil daging kelapa di kebunnya, Sabtu 30 Oktober.

Ratno mengemukakan, satu kilo kopra yang dihargai Rp10.900 jauh lebih tinggi disbanding tahun-tahun sebelumnya. Harga ini terbilang meroket.

“Berharap kepada Pemerintah Provinsi Maluku Utara dan Halmahera Utara agar mempertahankan harga komoditi kopra, sehingga petani tidak lagi menjerit. Karena kopra satu-satunya komoditi yang menjamin jaminan hidup rumah tangga dan biaya pendidikan sekolah,” ucapnya. (zar/red)

Share:
Komentar

Berita Terkini