Tak Ada Ijin, DLH Hentikan Aktivitas Pengerukan Lahan Perumahan di Sangaji Ternate

Editor: BrindoNews.com author photo

Ilustrasi.

TERNATE, BRN - Dinas Lingkungan Hidup Kota Ternate mengahentikan aktivitas pengerukan lahan perumahan di Kelurahan Sangaji, Ternate Utara. Penghentian sementara ini didasari beberapa sebab.

Pertama, belum ada rekomendasi pemerintah kelurahan dan tidak adanya permohonan ijin pemerataan lahan. Kedua, lokasi pengerjaan masuk wikayah permikuman warga, tidak ada IMB, termasuk ijin dari Dinas PUPR Kota Ternate dan ijin lainnya.

“Proses pembongkaran/pemerataan lahan masuk area permukiman, otomatis dengan alasan usaha apapun harus ada ijin lingkungan, jadi tidak sembarang. Apalagi ini menyangkut bisnis properti,” kata Kepala Dinas Lingkungan Hidup Kota Ternate, Tonny S. Pontoh ketika dibuhungi, Sabtu sore, 18 September.

Tonny mengatakan, lokasi dimana pengembangan bisinis properti itu masuk dalam kategori rawan longsor. Karena itu, perlu kajian mitigasi bencana sebelum pemberian maunpun penerbitan ijin.

“Harus diantisipasi (rawan longsor). Salah satunya analisa dampak lingkungan atau ANDAL mereka (developer) dilihat dulu, jangan sampai kedepan ketika terjadi bencana pasti pemerintah yang didisalahkan,” ucapnya.

Anas U. Malik mendukung langkah dinas lingkungan hidup menghentikan aktivitas pemertaan lahan perumahan tersebut. Anas mengaku, pengerjaan tersebut tanpa iji surat pernyataan pengelolaan lingkungan atau SPPL.

“Pemerintah kelurahan setempat juga tidak tahu. Siapapun pengembang yang merubah atau membongkar lahan yang berpotensi berdampak pada lingkungan harus ada ijin, tidak bisa seenaknya,” kata Anas.

Ketua Komisi III DPRD Ternate itu menyarankan, dinas lingkungan hidup lebih meningkatkan pengawasan dalam mengawasi pekerjaan yang berimplikasi resiko rawan bencana alam.

“Di Ternate sering terjadi dampak lingkungan yang luar biasa. Karena itu, fungsi pengawasan harus maksimal, dengan harapan memalisir mitigasi resiko terjadinya tanah longsor misalnya,” ujarnya.

Kepala Kelurahan Sangaji, Yani Sangaji dikonfirmasi mengaku dirinya bakal mengecek permohon ijin aktivitas pemerataan lahan perumahan di kelurahannya.

“Nanti saya cek dulu,” ucapnya. (ham/red)

Share:
Komentar

Berita Terkini