Pansus Minta Inspektorat Terbuka Soal Rekomendasi LKPJ

Editor: BrindoNews.com author photo

Gedung DPRD Provinsi Maluku Utara.

SOFIFI, BRN - Panitia Khusus DPRD Maluku Utara meminta inspektorat agar transparan atas rekomendasi panitia khusus atau pansus. Permintaan ini menyusul rekomendasi pansus terhadap LPKJ Gubernur Maluku Utara belum menunjukan tanda-tanda progres.

Sekretaris Pansus DPRD Maluku Utara, Erwin Umar mengaku belum mendapat laporan progres semenjak alat kelengkapan DPRD yang bersifat sementara itu. Akibatnya, sejumlah kejanggalan yang ditemukan itupun simpang siur, terutama spekulasi publik.

“Inspektorat harus lebih serius dan terbuka dalam menyampaikan hasil infestigasi ke DPRD. Sejumlah organisasi perangkat derah pun perlu ada keterbukaan atas hasil audit investigasi. Berharao inspektorat tidak tebang pilih saat melakukan audit investigasi,” kata Erwin, Selasa, 7 September.

Politisi Perindo itu mengatakan, dugaan kejanggalan yang ditemukan tersebut rata-rata realisasi anggaran di tengah pandemi covid-19. Yaitu Biro Umum Setda Pemerintah Provinsi Maluku Utara dan Dinas Kesehatan Maluku Utara.

Di biro umum, sambung Erwin, ada dua item kegiatan. Yaitu kegiatan penyediaan makanan dan minuman senilai Rp.10.946.658.000 direalisasi senilai Rp.9.946.757.840. Anggaran ini, lanjut Erwin, nyaris terpakai habis yang pemanfaatanya tidak jelas.

Selanjutnya ada biaya operasional dan pemeliharaan kantor senilai Rp.1.304.541.500 yang realisasinya hanya Rp.1.170.630.759.

Kemudian di dinas kesehatan juga tersedia biaya makan munim dan nyaris terpakai habis. Realisasinya Rp.9.946.757.840 dari total anggaran Rp.10.946.658.000.

“Padahal situasi pandemi covid-19 seperti ini semua pekerjaan perkantoran dilakukan work form home. Ironisnya, seluruh uang makan minum itu termuat dalam dokumen LKPJ. Sangat tidak masuk akal,” ucapnya.

Kepala Inspektorat Maluku Utara Nirwan M. T Ali belum memberikan penjelasan perihal ini. Pesan whatsApp berisi konfirmasi yang masuk di ponselnya enggar di balas sampai berita ini di publis. (red/tim)

 

Catatan redaksi:  Berita ini sudah dilakukan revisi satu kali untuk memperbaiki judul. Sebelumnya ditulis “Pansus Deprov Malut Minta Inspektorat Terbuka Soal Rekomendasi LKPJ” diralat menjadi Pansus Minta Inspektorat Terbuka Soal Rekomendasi LKPJseperti tertulis pada judul diatas. Atas kekeliruan ini redaksi brindonews.com meminta maaf yang sebesar-besarnya. Mohon maaf juga atas ketidaknyamanannya.

 

Share:
Komentar

Berita Terkini