Habiskan 9 M, Lampu Jalan di Kota Maba Dibiarkan Rusak

Editor: BrindoNews.com author photo

Lampu jalan di Jalan Kilo Meter 40 Kota Maba.

HALTIM, BRN - Niat Pemerintah Hamlahera Timur memberikan pelayanan terbaik bagi warganya justru berbanding terbalik. Banyak fasilitas publik di kabupaten bermoto limabot faifiye itu malah dibiarkan rusak begitu saja.

Salah satunya lampu penerang kabupaten di jalan kilo meter 40 di Kota Maba. Padahal, proyek yang dikerjakan pada 2015 itu menelan anggaran Rp 9 miliar.

Kepala Disperindakop Halmahera Timur, Taslim Manaf menjelaskan, pekerjaan 200 lampu jalan menggunakan tenaga surya tersebut awalnya melekat pada Dinas Pertambangan Halmahera Timur.

Namun ada perubahan nomenklatur, penguasaan anggaran dialihkan ke dinas perdaganan perindustrian, koperasi dan UMKM atau disperindakop.

Taslim mengatakan, dari total 200 unit, terdapat 170 unit diantaranya rusak. Yang rusak, sambung Taslim, lampu jalan tipe dua mata; meliputi bateray, system, dan balon lampu.

“Kerusakan ini (tipe dua mata) di 66 tiang lampu. Sedangkan tipe satu mata , kerusakan pada bateray, sistem dan bola lampu di 84 tiang, ditambah 20 unit modul yang rusak berat,” kata Taslim, Rabu 1 September 2021.

Bupati Halmahera Timur Hi. Ubaid Yakub dikonfirmasi membenarkan adanya kerusakan lampu jalan tersebut. Hi. Ubaid menyatakan, pemerintah daerah bakal kembali membenahi.

“Yang jelas kami akan perbaiki kembali, tetapi itu membutuhkan waktu yang lama karena persoalannya berada diangaran. Tentunya ini membutuhkan angaran yang bukan sedikit,” sebutnya. (mal/red)

Share:
Komentar

Berita Terkini