Talud Pemecah Ombak di Soagimalaha Segera Rampung

Editor: BrindoNews.com author photo

Progres pekerjaan talud pemecah ombak di Pantai Soagimalaha.

HALTIM, BRN - Pekerjaan proyek talud pemecah ombak di pantai Desa Soagimalaha, Kecamatan Kota Maba, Halmahera Timur bakal rampung akhir Agustus ini. target ini menyusul kegiatan dengan panjang volume 1.1005 centi meter itu tersisa 20 persen.

 

Kepala Dinas Perkim Halmahera Timur Aziz Jumati menyebutkan, progres pekerjaan talud pemecah ombak sudah mencapai 80 persen. kegiatan fisik ini dikerjakan melalui dana hibah badan penangulangan bencana daerah bersumber dari APBN.

 

“Dialokasikan anggaran nilai kontrak sebesar Rp. 10.097.300.000. Ini sudah 75 persen anggaran menuju 100 persen,” kata Aziz, Rabu, 4 Agustus.

 

Aziz yang juga merangkap sebagai pejabat pembuat komitmen itu mengungkapkan, proyek tersebut merupakan bagian dari penataan Pantai Soagimalaha. Di lokasi ini, lanjut Aziz, sebelumnya terdapat talud penahan abrasi.  

“Namun sudah lama tersapu gelombang sehingga mengalami rusak parah. Pemerintah daerah kemudian mengambil langkah cepat dan mengalokasikan anggaran untuk dibangun baru,” sebutnya.

Aziz mengemukakan, breakwater yang baru dikerjakan itu memalisir terjangan gelombang besar yang sering terjadi  Soagimalaha, dan Kota Maba secara umum.  

“Karena itu dibangun dengan volume lebih panjang lagi. Ini adalah upaya mitigasi,” ujarnya. (mal/red)

Share:
Komentar

Berita Terkini