Tahapan Pilkades Halmahera Timur Molor

Editor: BrindoNews.com author photo

YUSAK KIRAMIS.

HALTIM, BRN - Jadwal ta­hapan pelaksanaan pemilihan kepala desa 35 desa di Kabupaten Halmahera Timur masih belum ada titik terang. Padahal, penggodokan peraturan bupati yang mengatur pemilihan kepala desa sudah diteken oleh Bupati Ubaid.

Ketua Komisi I DPRD Halmahera Timur Yusak Kiramis mengaku geram. Itu sebabnya ia meminta dinas pemberdayaan masyarakat desa setempat agar memperjelas kapan dimulainya tahapan.

Yusak mengemukakan, sikap pemerintah daerah yang memperlambat tahapan pilkades menunjukan tidak ada langkah-langkah kongkrit pemerintah, terutama dinas terkait.

“Padahal pemeritah berencana Juni tahapan sudah mulai jalan,” kata Yusak, Senin 2 Agustus.

Politisi Partai Demokrat itu menilai, DPMD selaku dinas pelasana, bagian pemerintahan dan bagian hukum dan organisasi saling lempar tanggungjawab.

“Sebelumnya ditunda karena dengan alasannya belum finalisasi peraturan bupati tentang pilkades. Sekarang (alasan) apa lagi. Bahkan tahapannya sama sekali belum jalan, sosialisasi juga belum ada. Lebih baik pilkades dilakukan di akhir tahun ini, tapi kalau dipaksakan sampai September mendatang baru pilkades saya kira itu agak sulit,” sebutnya.

Bupati Halmahera Timur Hi. Ubaid Yakub dikonfirmasi mengaku malasah ini sudah perintahkan kepada asisten III untuk segera dikoordinasikan dengan DPMD, bagian pemerintahan dan hukum.

“Saya sudah perintahkan asisten III untuk mengkoordinasikan. Sehari dua sudah ada laporan langkah-langkah kongkrit pilkades,” katanya.

Sementara Kepala DPMD Badalan Uat belum memberikan keterangan menyangkut keterlambatan tahapan pilkades. Upaya konfirmasi brindonews belum direspon hingga berita ini di publis. (mal/red)

Share:
Komentar

Berita Terkini