Perpanjangan PPKM di Ternate Tunggu Instruksi Pemerintah Pusat

Editor: BrindoNews.com author photo

Landmark Ternate. (eko | brindonews)

Penerapan Pemberlakuan Pembatasan Kegiatan Masyarakat atau PPKM level tiga di Ternate masa berlaku bakal habis pada Senin 9 Agustus pukul 00.00 WIT malam ini. Pemenrintah Kota Ternate sendiri pun belum memastikan apakah ada perpanjangan lagi atau tidak.

Sekretaris Operasional Satuan Tugas atau Satgas Penanganan COVID-19 Kota Ternate, Muhammad Arif Gani mengatakan, perpanjangan PPKM level tiga di Ternate menjadi kewenangan pemerintah pusat. Pemberlakuan kembali bakal dilakukan dengan menyusuaikan trend kasus positif dan zona daerah.

“Masing-masing daerah kasusnya berbeda-beda. Kalau Pemerintah Indonesia mengatakan Indonesia masih darurat Covid-19, maka kita di seluruh Indonesia (pemerintah daerah) melaksanakan tugas dan tanggungjawab yang diembankan pemerintah pusat ke pemerintah daerah,” kata Arif, ketika disembangi brindonews di lokasi operasi yustisi di Jalan Batu Angus, Dufa-Dufa, Ternate Utara, Kota Ternate, Senin pagi, 9 Agustus.

Arif menyatakan penerapan PPKM level tiga di kota bermotto TernateAndalan ini sudah sesuai edaran Kementerian Dalam Negeri RI. Dalam edaran tersebut, lanjut Arif, salah satunya pembagian zonasi penerapan PPKM level satu, dua, dan tiga.

“Kita di Ternate masuk level tiga. Satgas covid tetap berupaya agar zona hijau, dan kita genjot itu,” ucapnya.

Arif menyebut tingkat penularan virus corona di Ternate masuk zona orange atau tingkat resiko sedang. Namun begitu, Arif mengimbau kepada masyarakat agar tetap mematuhi protokol kesehatan guna menekan kasus harian.

“Terget kita secepatnya zona hijau. Karena kalau masih orange, terutama aktivitas belajar mengajar tatap muka dan kegiatan-kegiatan lainnya pun masih dibatasi. Kalau sudah zona kuning, belajar tatap muka bakal dilakukan namun tetap pengetatan protokol kesehatan,” sebutnya. (eko/red)

Share:
Komentar

Berita Terkini