Pelantikan MKKS SMA Provinsi, Kadikbud Malut Berharap lebih Meningkatkan Mutu Pendidikan

Editor: BrindoNews.com author photo

 

Kadikbud Malut Imam Makhdy Hassan Saat Menyampaikan Sambutan
Pada Kegiatan Pelantikan MKKS SAM Provinsi Maluku Utara 

TERNATE,BRN – Kepala Dinas Pendidikan  dan Kebudyaan (Dikbud) Provinsi Maluku Utara Imam Makhdy Hassan resmi melantik pengurus Musyawarah Kerja Kepala Sekolah (MKKS) Provinsi Sekolah Menengah Atas (SMA). Pelantikan tersebut di pusatkan di Royal Resto Sabtu, (28/8/2021)

Dalam sambutanya, Imam mengatakan, perkembangan ilmu dan teknologi saat ini begitu cepat. Dunia pendidikan di era ini harus selalu mengikuti perubahan paradigm yang menuntut adanya perubahan dan peran kepala sekolah.

Kepala sekolah hanya melakukan kebijakan-kebijakan yang bersifat sentralistik, tetapi juga bergerak kearah desentralistik dan manajement partisipatif . Kepala sekolah tidak lagi bekerja individual yang cerdas, tetapi juga harus bekerja secara team work yang cerdas.

Menurutnya, fungsi dan peran kepala sekolah dalam mengelola sekolah mengharuskan adanya tuntutan kepala sekolah yang aktif,kreatif dan inovatif. Kepala sekolah juga dituntut harus proaktif dan mampu melakukan perubahan-perubahan.

Musyawarah Kerja Kepala Sekolah (MKKS) SMA tingkat provinsi ada komunitas tempat berkumpulnya sebuah wadah bagi kepala sekolah untuk saling berbagi serta berkoordinasi dan tetap mengikuti perkembangan dunia pendidikan serta mengembangkan keprofesian berkelanjutan. Forum ini juga merupakan wahana berhimpun, bersosialisasi dan tukar menukar informasi antar sesam kepala sekolah dalam rangka meningkatkan mutu pendidikan.

Kadikbud berharap, organisasi ini tidak hanya sekedar dibentuk,tapi penting adalah bagaimana organisasi di jalankan secara terus menerus untuk mengembangkan kompetensi menejerial, supervise,kewirausahaan serta kompetensi social yang harus dimiliki oleh kepala sekolah sehingga dalam konteks  kompetesi tersebut, kepala sekolah diartikan bulatan pengetahuan, ketrampilan, dan sikap dalam wujud perangkat tindakan cerdas dan bertanggungjawab.

Sementara itu ketua MKKS SMA Provinsi Maluku Utara Mustamin Lila, menyampaikan apresiasi kepada Kepala Dinas Pendidikan dan Kebudayaan (Dikbud) Malut, Imam Makhdy Hassan yang selalu memberikan support dalam kegiatan ini, dan juga dapat meluangkan waktu untuk melantik pengurus MKKS provinsi.

Foto Bersama Pengurus MKKS SMA Provinsi,
Kadikbud Malut Imam Makhdy, Sek dikbud serta Kabid SMK


Kata dia, selama dinas terbentuk, MKKS belum juga di bentuk, setelah Imam Makhdy Hassan menjabat kadikbud, baru di bentuk. “Terima kasih kepada Kadikbud Malut serta jajaranya”

Alhamdulilah hari ini sudah terlaksana dengan baik dan kedepan, ada tiga program  pokok yaitu, melakukan pendampingan dan mengsosialisasikan program terkait dengan pendidikan dan kebudayaan kususnya di provinsi maluku utara.

Menurutnya, lebih penting lagi kepada seluruh guru agar menyiapkan potensi dirinya masing-masing dalam rangka peningkatan mutu pendidikan di provinsi maluku utara, yang kedua tentunya masing-masing kepala sekolah yaitu kita kuatakan tugas dan kewenangan tugas sebagai menejer, supervaiser dan pengembangan sebagai kewirausahaan kemudian sosial dan budi pekerti. Limah pokok tugas kepala sekolah ini.

Mustamin yang juga Kepala SMA Negeri I Ternate menmabhakan, untuk pengurus MKKS provinsi ini memang lebih banyak repersentasi dari pengurus dari kabupaten kota, jadi ada ketua dan sekertaris dan wakil kabupaten kota. Setelah program ini ketika mereka pulang ke daerah masing-masing harus menyampaikan ke anggotanya.

Harapannya untuk meningkatkan mutu semua kepala sekolah, memberikan solidaritas kepada MKKS dengan MGMP, membangun komitmen yang kuat dengan MGMP dalam hal ini guru mata pelajaran untuk menyiapkan kopentensinya agar punya sumber daya yang baik lalau menghasilkan siswa yang berkualitas

Selaku pribadi dan teman-teman MKKS Kami apresiasi kepada kepala-kepala dinas sebagai kelembagaan dan semua jajaran yang sudah suport dan memberikan semangat kepada MKKS sehingga hari ini melakukan pelantikan. “ Saya sangat mengapresiasi kepada kadis walaupun banyak tugas tapi masi bisa menempatkan waktu untuk hadir dan melakukan pelantikan,ujarnya. (red/brn)  


Share:
Komentar

Berita Terkini