Narapidana Kasus Pembunuhan Asal Manado Kabur dari Lapas Ternate

Editor: BrindoNews.com author photo

Foto DPO terpidana Muhammad Kasim Hafel alias Upi. Dalam selebaran tersebut, pihak Lapas Kelas IIA Ternate menyertakan nomor handphone yang bisa dihubungi/melaporkan jika masyarakat menemukan/melihat yang besangkutan.  

TERNATE, BRN - Seorang narapida di Lembaga Pemasyarakatan atau Lapas Kelas IIA Ternate melarikan diri alias kabur. Warga binaan berjenis kelamin laki-laki itu kabur usai melompati tembok.

Hubungan Masyarakat Lapas Kelas IIA Ternate Riskin membenarkan adanya pelarian narapidana tersebut. Riskin mengatakan, napi atas nama Muhammad Kasim Hafel alias Upi itu pada Senin dinihari, 23 Agustus sekira pukul 03.30 WIT.

Riskin menyatakan tahanan yang kabur tersebut telah ditetap sebagai daftar pencarian orang. Kaburnya narapidana dengan masa hukuman 20 tahun tersebut berawal dari petugas sipir mendengar suara di blok penjara yang dihuni Upi. Petugas kemudian menuju dan mencari sumber suara.

“Ada suara karena mereka naik keatas atap. Petugas keamanan memergoki dua orang narapidana yang mencoba kabur, hanya saja satu berhasil ditangkap, sedangkan satunya lagi berhasil kabur. Kemungkinan kabur saat jam malam,” kata Riskin ketika dihubungi, Selasa siang, 24 Agustus.

Riskin mengaku pihaknya telah mengetahui keberadaan Upi. Mengantisipasi bersangkutan kabur diluar wilayah atau daerah, sambung Riskin, semua pintu masuk keluar Ternate dipantau dan diperketat.

“Keberadaannya masih di seputaran Kota Ternate, Namun spesifiknya di kelurahan mana belum diketahui pasti. Kita juga sudah meminta bantuan Polsek Ternate Pulau melakukan pencarian,” sebutnya.

Kurang Lebih 11 Tahun

Riskin menambahkan, Upi merupakan tahanan kasus pencurian disertai pembunuhan pada 2014 lalu. Pria asal Manado, Sulawesi Utara itu masa hukumnannya 20 tahun dan sudah menjalani delapan tahun.

“Sisa masa hukuman itu sudah termasuk potongan masa tahanan. Remisi pertama di tahun 2014 satu bulan, dan enam bulan di 2021,” katanya. 

Kepala Unit Reserse Kriminal Polsek Pulau Ternate Azwar mengaku telah menerima surat bantuan dari pihak Lapas Kelas IIA Ternate. (eko/red)

Share:
Komentar

Berita Terkini